ANALISIS KESALAHAN REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN



RAMADANI, ANGGUN PRAMODITHA (2025) ANALISIS KESALAHAN REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Ramadani, Pramoditha Anggun. 2025. Analisis Kesalahan Representasi Semiotik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga Berdasarkan Teori Newman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dr. Christine Wulandari S., M.Pd (2) Dr. Fatqurhohman, M.Pd.
Kata Kunci: Teori Newman, Representasi Semiotik, Segitiga
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan representasi semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah segitiga berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa LKPD, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Reduksi data dilakukan untuk memilah dan merangkum data LKPD, observasi, dan wawancara yang berkaitan dengan kesalahan representasi semiotik. Penyajian data dilakukan dalam bentuk narasi, tabel, atau kutipan langsung. Penarikan kesimpulan, di dasarkan pada pola kesalahan yang ditemukan untuk menyimpulkan jenis kesalahan representasi semiotik menurut tahapan teori Newman. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa. Subjek yang terpilih adalah siswa yang melakukan kesalahan representasi semiotik berdasarkan teori Newman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas VII-C.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 melakukan tiga jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan ikonik, simbolik, dan indeks. Subjek 2 melakukan dua jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan simbolik dan indeks. Subjek 3 melakukan satu jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan simbolik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan representasi semiotik yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan simbolik. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesalahan dalam merepresentasikan masalah ke dalam bentuk simbol matematika secara tepat, sehingga kesalahan simbolik menjadi jenis kesalahan yang paling dominan dalam representasi semiotik.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
SURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARI
NIDN0717028302
Dosen Pembimbing
FATQURHOHMAN, FATQURHOHMAN
NIDN0711028602

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Teori Newman, Representasi Semiotik, Segitiga
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Anggun Pramoditha Ramadani | anggunramadani328@gmail.com
Date Deposited: 25 Jun 2025 03:05
Last Modified: 25 Jun 2025 03:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25201

Actions (login required)

View Item View Item