ANALISIS KESALAHAN REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN
RAMADANI, ANGGUN PRAMODITHA (2025) ANALISIS KESALAHAN REPRESENTASI SEMIOTIK SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SEGITIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (460kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ramadani, Pramoditha Anggun. 2025. Analisis Kesalahan Representasi Semiotik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga Berdasarkan Teori Newman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dr. Christine Wulandari S., M.Pd (2) Dr. Fatqurhohman, M.Pd.
Kata Kunci: Teori Newman, Representasi Semiotik, Segitiga
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan representasi semiotik siswa dalam menyelesaikan masalah segitiga berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa LKPD, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Reduksi data dilakukan untuk memilah dan merangkum data LKPD, observasi, dan wawancara yang berkaitan dengan kesalahan representasi semiotik. Penyajian data dilakukan dalam bentuk narasi, tabel, atau kutipan langsung. Penarikan kesimpulan, di dasarkan pada pola kesalahan yang ditemukan untuk menyimpulkan jenis kesalahan representasi semiotik menurut tahapan teori Newman. Subjek penelitian berjumlah 3 siswa. Subjek yang terpilih adalah siswa yang melakukan kesalahan representasi semiotik berdasarkan teori Newman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas VII-C.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek 1 melakukan tiga jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan ikonik, simbolik, dan indeks. Subjek 2 melakukan dua jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan simbolik dan indeks. Subjek 3 melakukan satu jenis kesalahan representasi semiotik, yaitu kesalahan simbolik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan representasi semiotik yang paling banyak ditemukan adalah kesalahan simbolik. Temuan ini menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesalahan dalam merepresentasikan masalah ke dalam bentuk simbol matematika secara tepat, sehingga kesalahan simbolik menjadi jenis kesalahan yang paling dominan dalam representasi semiotik.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSURYANINGRUM, CHRISTINE WULANDARINIDN0717028302Dosen PembimbingFATQURHOHMAN, FATQURHOHMANNIDN0711028602
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Teori Newman, Representasi Semiotik, Segitiga |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Anggun Pramoditha Ramadani | anggunramadani328@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:05 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |