Eksplorasi Marketing Mix 7p untuk Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Barudi SMA Muhammadiyah 3 Jember
BAKHTIAR, SONY (2025) Eksplorasi Marketing Mix 7p untuk Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Barudi SMA Muhammadiyah 3 Jember. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. Pendahuluan.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
B. Abstrak.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
C. Bab 1..pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
D. Bab 2..pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. Bab 3. 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. Bab 4..pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. Daftar Pustaka.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
I. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi pelaksanaan strategi marketing mix 7P dan menganalisis faktor pendorong serta penghambat dalam pemulihan dan peningkatan PPDB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam pelaksanaan strategi marketing mix 7P dalam proses pemulihan dan peningkatan jumlah peserta didik baru di SMA Muhammadiyah 3 Jember, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat yang memengaruhi efektivitas strategi tersebut dalam konteks krisis penurunan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap partisipan manajemen sekolah, guru dan tenaga kependidikan, siswa aktif, dan alumni, serta dokumentasi dan observasi. Data dianalisis menggunakan teknik coding naratif tematik (open coding, axial coding, selective coding). Hasil dari penelitian menemukan bahwa strategi 7P (produk unggulan, promosi digital, pelayanan, dan penguatan fasilitas) berkontribusi pada peningkatan signifikan PPDB sebesar 23% pada 2023/2024. Faktor pendorong utama adalah kepemimpinan transformasional dan dukungan yayasan, sedangkan faktor penghambat antara lain kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan kelemahan manajemen internal sekolah. Implikasi dari studi ini adalah memberikan kerangka strategi pemasaran adaptif berbasis integrasi teori krisis, perubahan organisasi, dan marketing mix 7P yang dapat diadopsi oleh sekolah swasta lainnya dalam situasi serupa.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingCahyono, Dwinidn0720117001Dosen PembimbingSantoso, Budinidn0709622
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Marketing Mix 7P, Sekolah Swasta, Peningkatan PPDB |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management |
Divisions: | Graduate School > Magister Management (S2) |
Depositing User: | Sony Bakhtiar | sonybee23@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 04:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 04:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |