ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT Studi pada SIMPEDA Desa Semboro Kabupaten Jember



JONET, IVANO (2025) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT Studi pada SIMPEDA Desa Semboro Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of C. Bab 1..pdf] Text
C. Bab 1..pdf

Download (235kB)
[thumbnail of D. Bab 2..pdf] Text
D. Bab 2..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of E. Bab 3.1.pdf] Text
E. Bab 3.1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[thumbnail of F. Bab 4..pdf] Text
F. Bab 4..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of G. Bab 5..pdf] Text
G. Bab 5..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Desa Semboro, Kabupaten Jember, dengan fokus pada aplikasi SIMPEDA (Sistem Manajemen Pelayanan Desa). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 95 responden yang telah menggunakan SIMPEDA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen, yaitu prosedur pelayanan (X1), waktu penyelesaian (X2), dan efisiensi waktu dan biaya (X3), berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat (Y). Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y = 3.785 + 0.350 X_1 + 0.420 X_2 + 0.280 X_3, dengan nilai signifikansi masing-masing variabel adalah 0.001, 0.000, dan 0.005, yang menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima. Nilai Adjusted R² sebesar 0.710 menunjukkan bahwa 71% variasi dalam kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh ketiga variable tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik di Desa melalui aplikasi SIMPEDA dapat meningkatkan kepuasan masyarakat di Desa Semboro. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa depan.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, dan efisiensi waktu dan biaya

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Setyowati, Trias
NIDN0727037202
UNSPECIFIED
Suharto, Akhmad
NIDN0701126202

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, dan efisiensi waktu dan biaya
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: Ivano Jonet | ivanoakun1998@gmail.com
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:54
Last Modified: 09 Jul 2025 07:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25415

Actions (login required)

View Item View Item