STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN STARTUP DIGITAL DENGAN ANALISIS SWOT (STUDI PADA CV. NETURMERIC INTERNASIONAL, BONDOWOSO JAWA TIMUR
ANGGRAHENI, DYAH AJENG (2025) STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN STARTUP DIGITAL DENGAN ANALISIS SWOT (STUDI PADA CV. NETURMERIC INTERNASIONAL, BONDOWOSO JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN (1).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK (1).pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
C. BAB I (1).pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
D. BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V (1).pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
Abstract
CV. Neturmeric Internasional adalah bentuk digitalpreneur di Bondowoso Jawa Timur bergerak dalam bidang software dan web development, serta konsultan IT yang mengkhususkan diri dalam mengembangkan aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi lainnya berbasis web. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, salah satu yang mempengaruhi dari faktor internal yaitu SDM kurang professional dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan proses produksi, faktor lingkungan eksternal juga memiliki pengaruh signifikan dalam menentukan kesuksesan atau kegagalan perusahaan. Keberhasilan atau kegagalan perusahaan startup digital ditentukan oleh kemampuan manajemen perusahaan tersebut dalam memahami lingkungan eksternal perusahaan secara lengkap dan akurat, yang menjadi dasar pengembangan strategi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di CV. Neturmeric Internasional, menetapkan strategi pemasaran yang sesuai atau terbaik bagi CV. Neturmeric Internasional menggunakan pendekatan metode matriks SWOT dan matriks QSPM. Berdasarkan analisis matrix IFE diperoleh total skor yang dimiliki CV. Neturmeric sebesar 3,97, sedangkan analisis Matrix EFE sebesar 4,00. Hasil Matrix IE berada pada sel I yang disebut strategi tumbuh dan membangun, selain itu pada sel I terdapat strategi integratif yaitu integrasi ke depan, integrasi ke belakang dan integrasi horizontal. Matriks SWOT menghasilkan 4 alternatif strategi yang dapat dipilih oleh CV. Neturmeric Internasional. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah Penggunaan media sosial atau platform digital untuk pemasaran dengan cara diversifikasi layanan cloud dengan sistem hybrid-cloud atau multi-cloud agar lebih fleksibel dan tidak terlalu bergantung pada satu vendor dengan skor TAS sebesar 2,508.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHafidzi, Achmad HasanNIDN0714058604Dosen PembimbingWibowo, Yohanes GunawanNIDN0709068406
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Matrix IE,Matrix IFE EFE, Matrix QSPM, Matrix SWOT, Pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics 300 Social Science > 330 Economics > 332 Financial Economics, Finance |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | DYAH AJENG ANGGRAHENI | anggraheni.dyajeng@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:59 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:59 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |