Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Penerimaan Materi Agama Pada Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Jember



ARDIANSYAH, DANUPRATAMA (2025) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Penerimaan Materi Agama Pada Siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2 ABSTRAK.pdf] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (554kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap penerimaan materi agama siswa di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Jember. Latar belakang penelitian didasarkan pada pentingnya lingkungan sekolah karena memiliki pengaruh yangsangat sigifikan pada penerimaan materi pelajaran sisa, saalah satunya materi Agama. Lingkungan sekolah yang kondusif diyakini dapat meningkatkan motivasi, minat, serta hasil belajar siswa dalam menerima materi agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas Xa dan Xb di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan kuantitatif dengan jenis survey. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik untuk menguji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkuan sekolah mendapatkan hasil 20 siswa ( 54,1%), menunjukkan hasil yang tinggi dan 2 siswa dengan hasil ( 5,4%) dengan hasil rendah. Hasil pada penerimaan materi agama dengan hasil 18 siswa (48,6%) dengan hasil ang tinggi dan 2 siswa (5,4%) hasil rendah. Dari hasil analisis secra statistik yang diperoleh disimpulkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sedangkan hipotesis Nol (Ho) ditolak.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
ROFI, SOFYAN
nidn0705078402
Dosen Pembimbing
PUTRA, DHIANWAHANA
nidn0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Pengaruh Lingkungan Sekolah, Penerimaan Materi Agama
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Danu Pratama Ardiansyah | pdanu0626@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2025 05:57
Last Modified: 24 Jul 2025 05:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25845

Actions (login required)

View Item View Item