IMPLEMENTASI MEDIA EVALUASI APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP SCIENCE QUR’AN AL – IRSYAD JEMBER



M.Y, SYDNEY OKTAVIAN (2025) IMPLEMENTASI MEDIA EVALUASI APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP SCIENCE QUR’AN AL – IRSYAD JEMBER. Undergraduate thesis, Univeraitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki masa dunia modern ditandai dengan perkembangan teknologi yang
semakin pesat. Teknologi terus mengalami perkembangan hingga saat ini mampu
mengubah bentuk konversi informasi secara tercetak menjadi digital dengan proses
digitalisasi. Digitalisasi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang
pendidikan. Tidak hanya dalam pembelajaran, saat ini evaluasi pembelajaran juga
menggunakan media digital dalam menganalisis hasil belajar siswa. Quizizz hadir
sebagai salah bentuk digitalisasi pada evaluasi pembelajaran yang saat ini telah di
terapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Science Qur’an Al – Irsyad
Jember. Masalah penelitian saat ini adalah bagaimana media evaluasi dalam di SMP
Science Qur’an Al – Irsyad Jember, dan bagaimana implementasi media evaluasi
quizizz dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP Science Qur’an Al – Isryad
Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan media evaluasi
pembelajaran Bahasa Arab dan implementasi quizizz dalam pembelajaran Bahasa
Arab di SMP Science Qur’an Al – Isryad Jember. Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik
pengumpulan data berupa observasi terhadap implementasi quizizz dan media
evaluasi lainnya di kelas; wawancara kepada guru pengampu mata pelajaran Bahasa
Arab dan 10 siswa; dokumentasi berupa kegiatan evaluasi, RPP Bahasa Arab,
absensi dan penilaian siswa. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Arab
menggunakan beberapa media evaluasi. Media evaluasi yang pertama adalah buku
paket yang dipilih karena berisi latihan – latihan soal yang sesuai dengan materi.
Selanjutnya ada google form yang dipilih karena telah memanfaatkan
perkembangan teknologi sehingga mudah diakses. Kedua media evaluasi ini
memiliki beberapa kelemahan sehingga tidak dapat dijadikan evaluasi satu –
satunya yang menarik. Adapun penggunaan quizizz mampu menarik minat belajar
karena siswa merasa tertantang mendapatkan skor terbaik. Pada quizizz, rasa
bersaing siswa lebih tinggi karena ingin menjadi yang tercepat dan tepat, serta siswa
merasa lebih memahami materi dengan modal penggunaan quizizz. Quizizz juga
cocok dijadikan media evaluasi saat ini karena mampu mengembangkan kreatifitas
dan inovasi siswa di abad 21 ini.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
NURSAYMSIYAH, SITI
NIDN0706027901
Dosen Pembimbing
TAMAMI, BADRUT
NIDN0722108603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kata Kunci : Media Evaluasi, Aplikasi Quizizz, Siswa, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.5 Islamic Ethics and Religious Experience, Life, Practice > 297.56 Specific Vices, Virtues, Moral Issues
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Sydney Oktavian M. Y. | yasirsydney7@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2025 01:49
Last Modified: 28 Jul 2025 01:49
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25916

Actions (login required)

View Item View Item