PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA WARUNG LESEHAN AA REMBANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT



KUNCORO, MUH ALFAN (2025) PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN PADA WARUNG LESEHAN AA REMBANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of I. Lampiran.pdf] Text
I. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Era persaingan bisnis yang semakin ketat, khususnya di sektor kuliner, pengelolaan strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci utama untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha. Warung Lesehan AA Rembangan sebagai salah satu pelaku usaha kuliner tradisional menghadapi tantangan untuk tetap relevan dan kompetitif di tengah banyaknya pesaing serta perubahan preferensi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran Warung Lesehan AA Rembangan serta merumuskan strategi pengembangan usaha yang efektif berdasarkan analisis SWOT, IFE (Internal Factor Evaluation), dan EFE (External Factor Evaluation). Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil analisis menunjukkan bahwa kekuatan utama Warung Lesehan AA terletak pada promosi aktif melalui diskon dan spanduk serta lokasi strategis yang mudah dijangkau. Namun, terdapat kelemahan berupa fasilitas warung yang sederhana dan kurang modern yang berpotensi menurunkan kenyamanan pengunjung. Ancaman utama yang dihadapi adalah persaingan ketat dengan banyaknya warung lesehan di kawasan Rembangan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, disarankan penerapan strategi pertumbuhan yang memaksimalkan kekuatan dan peluang, serta strategi perbaikan kelemahan untuk menghadapi ancaman yang ada. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pengelola Warung Lesehan AA untuk meningkatkan kualitas layanan, fasilitas, dan inovasi promosi guna memperkuat daya saing dan keberlanjutan usaha

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Sari, Maheni Ika
NIDN0011087701
Dosen Pembimbing
Reskiputri, Tatit Diansari
NIDN0721039002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, IFE, EFE
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 658 General Management
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management (S1)
Depositing User: MUH ALFAN KUNCORO | kunalfan71@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:39
Last Modified: 28 Jul 2025 06:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25957

Actions (login required)

View Item View Item