PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN ICT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP/ MTs



AZIZAH, AN NISA NUR (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN ICT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP/ MTs. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut integrasi media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA untuk mendukung efektivitas penyampaian materi dan peningkatan keterampilan siswa. Namun, hasil analisis kebutuhan di beberapa sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi menggunakan metode konvensional dan dengan pemanfaatan media berbasis ICT masih minim, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan Software Lectora Inspire pada materi ekologi dan pelestarian lingkungan serta menguji validitas, praktis, dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan ICT siswa.
Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek 32 siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes hasil belajar, dengan instrumen berupa lembar validasi ahli, angket respon siswa, observasi keterampilan ICT, serta tes pretest dan posttest.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media berbasis Lectora Inspire dinyatakan sangat valid dengan skor koefisien korelasi validasi α > 0,91 dari tiga validator, terdiri atas dua dosen ahli dan satu guru praktisi. Kepraktisan media tergolong sangat baik dengan presentase rata-rata respon pengguna sebesar 87%. Keefektifan media juga ditunjukkan oleh rata-rata keterampilan ICT siswa mencapai 89,84% dengan kategori baik dan nilai N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi serta. Media ini dikembangkan dengan tampilan interaktif, berisi materi ekologi dan pelestarian lingkungan sesuai CP dan IKTP, serta dilengkapi video pembelajaran dan latihan soal berbentuk game edukasi interaktif. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan ICT siswa. Produk pengembangan ini berupa media interaktif berbasis HTML yang dapat diakses secara online melalui perangkat komputer dan smartphone.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
EURIKA, NOVY
nidn0014117901
Dosen Pembimbing
PRAFITASARI, AULYA NANDA
nidn0711039105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran, ICT, Lectora Inspire, Pengembangan 4-D, Pembelajaran IPA
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: An Nisa Nur Azizah | sasaazizah779@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2025 01:59
Last Modified: 29 Jul 2025 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25978

Actions (login required)

View Item View Item