PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN ICT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP/ MTs
AZIZAH, AN NISA NUR (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN ICT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP/ MTs. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menuntut integrasi media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPA untuk mendukung efektivitas penyampaian materi dan peningkatan keterampilan siswa. Namun, hasil analisis kebutuhan di beberapa sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi menggunakan metode konvensional dan dengan pemanfaatan media berbasis ICT masih minim, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan Software Lectora Inspire pada materi ekologi dan pelestarian lingkungan serta menguji validitas, praktis, dan keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar dan keterampilan ICT siswa.
Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Bondowoso pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan subjek 32 siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes hasil belajar, dengan instrumen berupa lembar validasi ahli, angket respon siswa, observasi keterampilan ICT, serta tes pretest dan posttest.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media berbasis Lectora Inspire dinyatakan sangat valid dengan skor koefisien korelasi validasi α > 0,91 dari tiga validator, terdiri atas dua dosen ahli dan satu guru praktisi. Kepraktisan media tergolong sangat baik dengan presentase rata-rata respon pengguna sebesar 87%. Keefektifan media juga ditunjukkan oleh rata-rata keterampilan ICT siswa mencapai 89,84% dengan kategori baik dan nilai N-Gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi serta. Media ini dikembangkan dengan tampilan interaktif, berisi materi ekologi dan pelestarian lingkungan sesuai CP dan IKTP, serta dilengkapi video pembelajaran dan latihan soal berbentuk game edukasi interaktif. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan ICT siswa. Produk pengembangan ini berupa media interaktif berbasis HTML yang dapat diakses secara online melalui perangkat komputer dan smartphone.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingEURIKA, NOVYnidn0014117901Dosen PembimbingPRAFITASARI, AULYA NANDAnidn0711039105
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Media Pembelajaran, ICT, Lectora Inspire, Pengembangan 4-D, Pembelajaran IPA |
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | An Nisa Nur Azizah | sasaazizah779@gmail.com |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/25978 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |