HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PRODI PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYYAH JEMBER



RIZAL, SAIFUL (2025) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA PRODI PROFESI NERS UNIVERSITAS MUHAMMADIYYAH JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (836kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (834kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. BAB VII.pdf] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of 11. LAMPIRAN.pdf] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Masa akhir studi profesi Ners merupakan masa kritis pada mahasiswa, karena pada masa ini penuh dengan proses yang menuntut mahasiswa menyelesaikan pendidikan tepat waktu. Mahasiswa sering mengalami stres dalam menyelesaikan tugas profesi ners, baik dari dalam maupun luar diri. Stresor dari dalam diri yang dihadapi mahasiswa Skripsi seperti kesulitan mendapatkan referensi, keterbatasan waktu penelitian, proses revisi yang berulang-ulang, kesulitan dalam hal mencari tema, judul, sampel, dan alat ukur tugas akhir. Sedangkan, stresor yang berasal dari luar diri seperti keterbatasan dana, dosen pembimbing sibuk dan sulit ditemui, lamanya umpan balik dari dosen pembimbing, dan kurangnya konsultasi dengan dosen pembimbing ketika meyelesaikan program studi Ners Ilmu Keperawatan menyebabkan mahasiswa mengalami stres sehingga menyebabkan gangguan pola tidur pada mahasiswa Metode: : Desain penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini rata-rata 106 orang yang dirumuskan dengan rumus slovin menjadi 84 orang. Sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik quota sampling. Pengumpulan data kualitas tidur dengan tingkat stres menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan Spearman Rho dengan ketentuan α ≤ 0,05. . Hasil: dike$tahu$i bahwa pada mahasiswa U$nive$rsitas Mu$hammadiyah Je$mbe$r prodi Profesi Ners terdapat 54 orang (64,3%) yang mengalami kualitas tidur cukup dan tingkat stress sedang 54 orang (64,3%). Berdasarkan uji statistic menggu$nakan Spearman-Rho didapatkan hasil p-value= 0,000 (α<0,05) dengan korelasi 0,820. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima dengan demikian ada hubungan antara variabel x dan y yang berarti ada hubu$ngan antara kualitas tidur dengan tingkat stress mahasiswa dengan kekuatan hu$bungan yang kuat Kesimpulan:Adanya hubungan kualitas tidur dengan tingkat stress pada mahasiswa program studi profesi Ners U$niversitas Muhammadiyah Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
DEWI, SOFIA RHOSMA
NIDN0724128403
Dosen Pembimbing
SURYANINGSIH, YENI
NIDN0701037905

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kualitas tidur, Tingkat Stres, Mahasiswa Profesi Ners
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Saiful Rizal | saifulrizaaalll@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:56
Last Modified: 14 Aug 2025 01:56
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26714

Actions (login required)

View Item View Item