STUDI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SANTRI MADINATUL ULUM DALAM BERBELANJA DI MADINAH ORYZA MART DESA CANGKRING JENGGAWAH



Febriyanti, Riska (2025) STUDI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SANTRI MADINATUL ULUM DALAM BERBELANJA DI MADINAH ORYZA MART DESA CANGKRING JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan santri Pondok Pesantren Madintaul Ulum dalam berbelanja di Madinah Oryza Mart. Sebuah unit usaha yang dikelola oleh pesantren. Metode yang digunakan adalah penedekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data( memilih data sesuai fokus penelitian), menyajikan data dalam bentuk narasi tematik, serta menarik kesimpulan dari pola-pola temuan yang muncul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat faktor utama kualitas produk, harga, fasilitas, dan lokasi yang berpengaruh terhadap keputusan pemeblian santri. Faktor harga menjadi yang paling dominan karena harga yang lebih murah dari pada pesaingnya dan letak toko yang strategis yaitu di depan gerbang pesantren, yang memudahkan akses santri untuk berbelanja. Adapaun kelemahan yang di temukan adalah terbatsanya variasi produk dan fasilitas yang belum maksimal seperti AC yang rusak. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan layanan dan kelengkapan produk sangat penting untuk mendukung kenyamanan serta kemandirian ekonomi pesantren.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Bashori, Dhofir Catur
NIDN0712049002
Dosen Pembimbing
Syafi'i, Muhammada
NIDN0707078805

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Keputusan Pembeli, Santri, Madinah Oryza Mart
Subjects: 300 Social Science
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Sharia Economy (S1)
Depositing User: Riska Febriyanti | febriyantiriska102@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:24
Last Modified: 19 Aug 2025 01:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26847

Actions (login required)

View Item View Item