ANALISIS CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS UMKM TAHU DI KABUPATEN SITUBONDO)
YAQIN, AINUL (2025) ANALISIS CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS UMKM TAHU DI KABUPATEN SITUBONDO). Undergraduate thesis, Jurnal Ekonomi,Manajemen,Akuntansi dan Keuangan.
![]() |
Text
a. pendahuluan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
b.abstrak.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
c. bab 1.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
d.bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (623kB) | Request a copy |
![]() |
Text
e. bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text
f.bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) | Request a copy |
![]() |
Text
g. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
![]() |
Text
h. daftar pustaka.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
i.lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR), yang terdiri atas tiga dimensi utama CSR sosial, CSR lingkungan, dan CSR ekonomiterhadap citra perusahaan pada pelaku UMKM tahu di Kabupaten Situbondo. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 pemilik atau pengelola UMKM tahu sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga dimensi CSR secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap citra perusahaan. Secara parsial, CSR sosial, lingkungan, dan ekonomi masing-masing menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 yang menandakan adanya pengaruh positif yang signifikan. Di antara ketiganya, CSR ekonomi memiliki pengaruh paling dominan terhadap peningkatan citra usaha. Nilai R Square sebesar 0,433 menunjukkan bahwa sebesar 43,3% variabilitas citra perusahaan dapat dijelaskan oleh ketiga dimensi CSR, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar model.Temuan ini menunjukkan pentingnya pelaksanaan CSR secara konsisten dan nyata dalam membangun persepsi positif masyarakat terhadap usaha lokal. Oleh karena itu, pelaku UMKM disarankan untuk terus memperkuat praktik CSR, khususnya dalam aspek ekonomi dan sosial, guna meningkatkan citra dan daya saing usaha mereka di tengah masyarakat.
Kata kunci : CSR Sosial,CSR Lingkungan,CSR Ekomoni dan Citra perusahaan
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingSAIDAH, NURnidn0716106702Dosen PembimbingSATOTO, EKO BUDInidn0701068503
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | CSR Sosial,CSR Lingkungan,CSR Ekomoni dan Citra perusahaan |
Subjects: | 000 Computer Science, Information, & General Works > 003 Systems |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Management (S1) |
Depositing User: | Ainul Yaqin | yaqinjr03@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:15 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:15 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/26907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |