ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS PARU DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDANCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER



Rusadi, Inggar Esti (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS PARU DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDANCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1801031024 INGGAR ESTI RUSADI.pdf] Text
1801031024 INGGAR ESTI RUSADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Profesi Ners merupakan usaha belajar klinik dan lapangan yang bertujuan
untuk memberi kesempatan kepada praktikan menjadi terampil dalam menerapkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh. Kompetensi yang dicapai dalam menjalankan
praktik Profesi Ners sebanyak 36 SKS yang meliputi: Keperawatan Dasar Profesi
I (2 SKS), Keperawatan Dasar Profesi II (2 SKS), Keperawatan Medikal Bedah (6
SKS), Keperawatan Anak (3 SKS), Keperawatan Maternitas (3 SKS),
Keperawatan Jiwa (2 SKS), Keperawatan Gerontik (3 SKS), Keperawatan Gawat
Darurat dan Kritis (3 SKS), Keperawatan Komunitas (3 SKS), Keperawatan
Keluarga (3 SKS), Manajemen Keperawatan (2 SKS) dan Praktika Senior (4
SKS). Metode yang digunakan adalah pre dan post conference, bed side teaching,
ronde keperawatan, tutorial, SOCA, DOPS, presjur, seminar, evidence base
practice, terapi aktifitas kelompok dan pendidikan kesehatan. Adapun metode
pengkajian, analisa data, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Waktu praktik KDP I dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2017 sampai
24 Februari 2017 dan KDP II dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2017 sampai
2 September 2017 serta Program Pendidikan Ners dilakasanakan pada tanggal 1
Oktober 2018 sampai 31 Agustus 2019. Lahan praktik yang digunakan antara lain
UPT Pelayanan Sosial Tresn Werdha Jember, Puskesmas Puger, RSU Dr. H.
Koesnadi Bondowoso, RSD Kalisat, RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Malang, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, RS Paru Jember. Hasil dari praktik
profesi ini memberi kesempatan pada praktikan untuk berfikir kritis dan ilmiah
dalam menyelesaikan masalah pasien.Serta meningkatkan praktikan dalam
kemampuan secara teknikal memberikan asuhan keperawatan yang komperhensif
dan profesional.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Indriyani, Diyan
nidn#

Item Type: Thesis (Profession Education)
Keywords/Kata Kunci: Daftar Pustaka 37 (2000-2017)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com
Date Deposited: 20 Aug 2025 07:08
Last Modified: 20 Aug 2025 07:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27136

Actions (login required)

View Item View Item