ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS PARU DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDANCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER
Rusadi, Inggar Esti (2019) ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TUBERKULOSIS PARU DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS (EVIDANCE BASED PRACTICE) DI RUANG IGD RUMAH SAKIT PARU JEMBER. Profession Education thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1801031024 INGGAR ESTI RUSADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Praktik Profesi Ners merupakan usaha belajar klinik dan lapangan yang bertujuan
untuk memberi kesempatan kepada praktikan menjadi terampil dalam menerapkan
ilmu pengetahuan yang diperoleh. Kompetensi yang dicapai dalam menjalankan
praktik Profesi Ners sebanyak 36 SKS yang meliputi: Keperawatan Dasar Profesi
I (2 SKS), Keperawatan Dasar Profesi II (2 SKS), Keperawatan Medikal Bedah (6
SKS), Keperawatan Anak (3 SKS), Keperawatan Maternitas (3 SKS),
Keperawatan Jiwa (2 SKS), Keperawatan Gerontik (3 SKS), Keperawatan Gawat
Darurat dan Kritis (3 SKS), Keperawatan Komunitas (3 SKS), Keperawatan
Keluarga (3 SKS), Manajemen Keperawatan (2 SKS) dan Praktika Senior (4
SKS). Metode yang digunakan adalah pre dan post conference, bed side teaching,
ronde keperawatan, tutorial, SOCA, DOPS, presjur, seminar, evidence base
practice, terapi aktifitas kelompok dan pendidikan kesehatan. Adapun metode
pengkajian, analisa data, diagnosa keperawatan, perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Waktu praktik KDP I dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2017 sampai
24 Februari 2017 dan KDP II dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2017 sampai
2 September 2017 serta Program Pendidikan Ners dilakasanakan pada tanggal 1
Oktober 2018 sampai 31 Agustus 2019. Lahan praktik yang digunakan antara lain
UPT Pelayanan Sosial Tresn Werdha Jember, Puskesmas Puger, RSU Dr. H.
Koesnadi Bondowoso, RSD Kalisat, RSJ dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
Malang, RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, RS Paru Jember. Hasil dari praktik
profesi ini memberi kesempatan pada praktikan untuk berfikir kritis dan ilmiah
dalam menyelesaikan masalah pasien.Serta meningkatkan praktikan dalam
kemampuan secara teknikal memberikan asuhan keperawatan yang komperhensif
dan profesional.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingIndriyani, Diyannidn#
Item Type: | Thesis (Profession Education) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Daftar Pustaka 37 (2000-2017) |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health |
Divisions: | Faculty of Health > Nurse Profession Education |
Depositing User: | Rudi Setiawan | rudi01755@gmail.com |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:08 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:08 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |