ANALISIS PEMASARAN DURIAN(Durio zibenthinus Murr) DI DESA PATEMON KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER
Hidayad, Alfan (2025) ANALISIS PEMASARAN DURIAN(Durio zibenthinus Murr) DI DESA PATEMON KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. pendahuluan.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. abstrak.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text
3. bab i.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
3. bab i.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
4. bab ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. bab vi.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9. bab vii.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. daftar pustaka.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text
11. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) | Request a copy |
Abstract
Durian merupakan salah satu komoditas unggulan yang mempunyai
keunggulan gizi dan prospek pasar yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu (1)
Untuk mengetahui saluran pemasaran durian di Desa Patemon Kecamatan
Tanggul Jember; (2) Untuk menghitung margin pemasaran dari masing-masing
saluran pemasaran durian; (3) Untuk menganalisis efisiensi pemasaran dari setiap
pola saluran pemasaran durian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi peneltian dilakukan secara sengaja
(purposive sample) yaitu di Desa Patemon Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.
Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan
analisa saluran pemasaran, kemudian dilanjutkan dengan analisis margin
pemasaran dan farmer’s share untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran.
Hasil penelitian menunjukkan; (1) Terdapat tiga pola saluran pemasaran durian
yaitu, saluran pemasaran 0 tingkat, I tingkat, dan II tingkat; (2) Margin pemasaran
pada saluran 0 tingkat sebesar Rp. 0/unit, pada saluran I tingkat sebesar Rp.
14.666/unit; dan saluran pemasaran II tingkat sebesar Rp. 22.666/unit; (3) Saluran
pemasaran yang paling efisien adalah 0 tingkat dengan nilai farmer’s share 100%,
pada saluran I tingkat nilai farmer sharenya adalah 50,2% yang berarti efisien,
dan saluran II tingkat tidak efisien karena nilai farmer’s sharenya sebesar 22,72%.
Kata Kunci: Durian; Saluran Pemasaran; Margin Pemasaran; Farmer’s Share;
Efisiensi Pemasaran
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHadi, SyamsulNIDN0715037001Dosen PembimbingAulia, Anisa NurinaNIDN0705039103
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Durian; Saluran Pemasaran; Margin Pemasaran; Farmer’s Share; Efisiensi Pemasaran |
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming 600 Technology and Applied Science > 650 Business |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Alfan hidayad | Sajaalfan729@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:03 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:03 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |