ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN AGROWISATA KAMPUNG DURIAN DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER



SHAFITRI, PRADINTA ELYA (2025) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN AGROWISATA KAMPUNG DURIAN DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of I. BAB VII.pdf] Text
I. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of J. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of K. LAMPIRAN.pdf] Text
K. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Agrowisata Kampung Durian merupakan destinasi wisata berbasis pertanian dengan komoditas utama durian. Kualitas layanan dan strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci peningkatan daya saing dan keberlanjutan destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tingkat kepentingan (harapan) konsumen terhadap kualitas layanan, (2) mengukur tingkat kepuasan konsumen, dan (3) merumuskan strategi pemasaran berbasis bauran pemasaran 7P. Populasi penelitian adalah seluruh pengunjung pada periode penelitian dengan sampel 94 responden, ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10% dan teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan atribut layanan penting meliputi produk wisata, harga, aksesibilitas, promosi, kompetensi SDM, proses pelayanan, dan bukti fisik. Nilai CSI sebesar 68,99% termasuk kategori puas, Strategi pemasaran yang perlu ditingkatkan Prioritas strategi pemasaran di Agrowisata Kampung Durian mencakup peningkatan promosi, pengembangan metode pembayaran digital, perbaikan kebersihan area wisata, dan koordinasi perbaikan akses jalan, untuk meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan kunjungan ulang, sekaligus memperkuat citra dan keberlanjutan destinasi.

Kata kunci: Agrowisata, Kepuasan Konsumen, Strategi Pemasaran

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
HADI, SYAMSUL
NIDN 0715037001
Dosen Pembimbing
AULIA, ANISA NURINA
NIDN 0705039103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Agrowisata, Kepuasan Konsumen, Strategi Pemasaran
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 634 Orchard, Fruits
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Pradinta Elya Shafitri | pradintashafitri0206@gmail.com
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:22
Last Modified: 21 Aug 2025 06:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27270

Actions (login required)

View Item View Item