ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN AGROWISATA KAMPUNG DURIAN DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER
SHAFITRI, PRADINTA ELYA (2025) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN AGROWISATA KAMPUNG DURIAN DESA PAKIS KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (935kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (851kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
I. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
![]() |
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
K. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Agrowisata Kampung Durian merupakan destinasi wisata berbasis pertanian dengan komoditas utama durian. Kualitas layanan dan strategi pemasaran yang tepat menjadi kunci peningkatan daya saing dan keberlanjutan destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi tingkat kepentingan (harapan) konsumen terhadap kualitas layanan, (2) mengukur tingkat kepuasan konsumen, dan (3) merumuskan strategi pemasaran berbasis bauran pemasaran 7P. Populasi penelitian adalah seluruh pengunjung pada periode penelitian dengan sampel 94 responden, ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10% dan teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan atribut layanan penting meliputi produk wisata, harga, aksesibilitas, promosi, kompetensi SDM, proses pelayanan, dan bukti fisik. Nilai CSI sebesar 68,99% termasuk kategori puas, Strategi pemasaran yang perlu ditingkatkan Prioritas strategi pemasaran di Agrowisata Kampung Durian mencakup peningkatan promosi, pengembangan metode pembayaran digital, perbaikan kebersihan area wisata, dan koordinasi perbaikan akses jalan, untuk meningkatkan kepuasan, loyalitas, dan kunjungan ulang, sekaligus memperkuat citra dan keberlanjutan destinasi.
Kata kunci: Agrowisata, Kepuasan Konsumen, Strategi Pemasaran
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHADI, SYAMSULNIDN 0715037001Dosen PembimbingAULIA, ANISA NURINANIDN 0705039103
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Agrowisata, Kepuasan Konsumen, Strategi Pemasaran |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 634 Orchard, Fruits |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) |
Depositing User: | Pradinta Elya Shafitri | pradintashafitri0206@gmail.com |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:22 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:22 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |