Implementasi Algoritma K-Means untuk Menentukan Kelompok Pengayaan Materi Mata Pelajaran Ujian Nasional (Studi Kasus: SD Negeri 02 Pakem Kab.Bondowoso)

Hidayat, Rahmatullah Nur (2018) Implementasi Algoritma K-Means untuk Menentukan Kelompok Pengayaan Materi Mata Pelajaran Ujian Nasional (Studi Kasus: SD Negeri 02 Pakem Kab.Bondowoso). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (525kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)

Abstract

Algoritma K-Means pada dasarnya melakukan 2 proses yakni proses pendeteksian lokasi pusat cluster dan proses pencarian anggota dari tiap-tiap cluster. Clustering adalah suatu alat untuk analisa data, yang memecahkan permasalahan pengelom-pokkan. Pengayaan adalah kegiatan tambahan yang dieberikan kepada siswa yang telah mencapai ketenetuan dalam belajar yang diamaksudkan untuk menambah wawasan atau memeperluas pengetahuannya dalam materi pelajran yang telah dipelajarinya. Penentuan centroid (titik pusat) pada tahap awal Algoritma K-Means sangat berpengaruh pada hasil cluster seperti pada hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan 12 dataset dengan centroid yang berbeda menghasilkan hasil cluster yang berbeda juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: K-Means, Cluster, pelajaran, centroid
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Nov 2019 03:03
Last Modified: 13 Nov 2019 03:03
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2731

Actions (login required)

View Item View Item