PERAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM DI TK ABA 03 KABUPATEN JEMBER



Lailita, Nadyah Nuril (2025) PERAN GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM DI TK ABA 03 KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (982kB)
[thumbnail of 2. ABSTRACT.pdf] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. BAB VI.pdf] Text
8. BAB VI.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 9. DAPUS.pdf] Text
9. DAPUS.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN.pdf] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menerapkan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) di TK ABA 03 Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran STEAM. Guru tidak hanya bertindak sebagai fasilitator, tetapi juga sebagai motivator dan evaluator. Pembelajaran STEAM di TK ABA 03 dilaksanakan melalui kegiatan berbasis proyek yang menggabungkan unsur sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika dalam satu kegiatan utuh dan menyenangkan. Tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran STEAM antara lain keterbatasan sarana prasarana, kurangnya pemahaman orang tua, serta tingkat konsentrasi anak yang bervariasi. Namun demikian, guru mampu menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan untuk guru dan dukungan fasilitas dari pihak sekolah maupun pemerintah.
Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran STEAM, Pendidikan Anak Usia Dini

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Wardhani, Wahju Dyah Laksmi
NIDN0706046703
UNSPECIFIED
Misyana, Misyana
NIDN0706047201

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran STEAM, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Nadyah Noril Lailita | nurillailita@gmail.com
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:32
Last Modified: 27 Aug 2025 03:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27700

Actions (login required)

View Item View Item