PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE
LUTHFIANITA, NABILLA (2025) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kontrol diri berpengaruh
terhadap perilaku pembelian impulsive pada mahasiswa pengguna e-commerce. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 193 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan
sampel dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dua skala, yaitu
skala kontrol diri milik Averill pada tahun 2007 dan skala impulsive buying modifikasi dari IBTS
(Impulsive Buying Tendency Scale) yang dikembangkan oleh Bas Verplanken dan Astrid Herabadi
pada tahun 2001. Hasil analisis data menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying dengan
nilai Sig. < 0.05 dan nilai F sebesar 89.181. Nilai R Square sebesar 0.318 menunjukkan bahwa
variabel kontrol diri berkontribusi sebesar 31,8 terhadap perilaku pembelian impulsif. Dengan
demikian, semakin positif kontrol diri yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan mahasiswa
untuk berbelanja secara impulsive di e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat bagi mahasiswa, khususnya dalam hal mengelola dorongan emosional dan keinginan sesaat
saat berbelanja online.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingDANAN, SATRIYO WIBOWONIDN0725118405Dosen PembimbingJANUARIYA, LAILINIDN0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Kontrol diri, impulsive buying, e-commerce, mahasiswa. |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Nabilla Luthfianita | nabillaluthf61@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 30 Aug 2025 01:52 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |