PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE



LUTHFIANITA, NABILLA (2025) PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA MAHASISWA YANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 10. ARTIKEL.pdf] Text
10. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kontrol diri berpengaruh
terhadap perilaku pembelian impulsive pada mahasiswa pengguna e-commerce. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 193 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan
sampel dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui dua skala, yaitu
skala kontrol diri milik Averill pada tahun 2007 dan skala impulsive buying modifikasi dari IBTS
(Impulsive Buying Tendency Scale) yang dikembangkan oleh Bas Verplanken dan Astrid Herabadi
pada tahun 2001. Hasil analisis data menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan antara kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying dengan
nilai Sig. < 0.05 dan nilai F sebesar 89.181. Nilai R Square sebesar 0.318 menunjukkan bahwa
variabel kontrol diri berkontribusi sebesar 31,8 terhadap perilaku pembelian impulsif. Dengan
demikian, semakin positif kontrol diri yang dimiliki, maka semakin besar kemungkinan mahasiswa
untuk berbelanja secara impulsive di e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
manfaat bagi mahasiswa, khususnya dalam hal mengelola dorongan emosional dan keinginan sesaat
saat berbelanja online.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
DANAN, SATRIYO WIBOWO
NIDN0725118405
Dosen Pembimbing
JANUARIYA, LAILI
NIDN0715019601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Kontrol diri, impulsive buying, e-commerce, mahasiswa.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Nabilla Luthfianita | nabillaluthf61@gmail.com
Date Deposited: 30 Aug 2025 01:50
Last Modified: 30 Aug 2025 01:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27860

Actions (login required)

View Item View Item