Pengaruh Self Efficacy Terhadap Work Readiness Siswa SMK jurusan Agribisnis di Jember



Adam, Zahran Rabbani (2025) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Work Readiness Siswa SMK jurusan Agribisnis di Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap work readiness pada
siswa SMK jurusan agribisnis di Kabupaten Jember. Latar belakang penelitian ini adalah masih
tingginya angka pengangguran lulusan SMK, termasuk di bidang agribisnis, yang
menunjukkan adanya kesenjangan antara kompetensi siswa dengan kebutuhan dunia kerja.
Self-efficacy dipahami sebagai keyakinan individu terhadap kemampuan diri, sedangkan work
readiness merupakan kesiapan mental, keterampilan, dan sikap yang diperlukan siswa untuk
memasuki dunia kerja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi
linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa kelas XII SMK jurusan
agribisnis/pertanian, dengan sampel 90 siswa yang dipilih melalui teknik simple random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self-efficacy (Arista, 2020) dengan 14 item
valid (α = 0,771) dan skala work readiness (Caballero, 2011) dengan 45 item valid (α = 0,960).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan self-efficacy terhadap work
readiness (F = 18,9; p < 0,001). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,420 menunjukkan hubungan
positif sedang, sedangkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,177 berarti self-efficacy
memberikan kontribusi 17,7% terhadap work readiness. Temuan ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin tinggi pula kesiapan kerja mereka. Oleh karena itu,
sekolah diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy siswa melalui program pelatihan,
bimbingan karier, dan pengalaman praktik kerja.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nur'aini, Siti
NIDN0012027701
Dosen Pembimbing
Laili, Januariya
NIDN0715019601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: agribisnis, Jember, self-efficacy, siswa SMK, work readiness.
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 361 Social Problem & Social Welfare in General
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Zahran Rabbani adam | zahran.adam.1156@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:48
Last Modified: 01 Sep 2025 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27929

Actions (login required)

View Item View Item