Pengaruh Self Efficacy Terhadap Work Readiness Siswa SMK jurusan Agribisnis di Jember
Adam, Zahran Rabbani (2025) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Work Readiness Siswa SMK jurusan Agribisnis di Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (773kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (830kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (794kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap work readiness pada
siswa SMK jurusan agribisnis di Kabupaten Jember. Latar belakang penelitian ini adalah masih
tingginya angka pengangguran lulusan SMK, termasuk di bidang agribisnis, yang
menunjukkan adanya kesenjangan antara kompetensi siswa dengan kebutuhan dunia kerja.
Self-efficacy dipahami sebagai keyakinan individu terhadap kemampuan diri, sedangkan work
readiness merupakan kesiapan mental, keterampilan, dan sikap yang diperlukan siswa untuk
memasuki dunia kerja. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi
linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa kelas XII SMK jurusan
agribisnis/pertanian, dengan sampel 90 siswa yang dipilih melalui teknik simple random
sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala self-efficacy (Arista, 2020) dengan 14 item
valid (α = 0,771) dan skala work readiness (Caballero, 2011) dengan 45 item valid (α = 0,960).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan self-efficacy terhadap work
readiness (F = 18,9; p < 0,001). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,420 menunjukkan hubungan
positif sedang, sedangkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,177 berarti self-efficacy
memberikan kontribusi 17,7% terhadap work readiness. Temuan ini menunjukkan bahwa
semakin tinggi self-efficacy siswa, semakin tinggi pula kesiapan kerja mereka. Oleh karena itu,
sekolah diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy siswa melalui program pelatihan,
bimbingan karier, dan pengalaman praktik kerja.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingNur'aini, SitiNIDN0012027701Dosen PembimbingLaili, JanuariyaNIDN0715019601
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | agribisnis, Jember, self-efficacy, siswa SMK, work readiness. |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology 300 Social Science > 360 Social Problems and Services > 361 Social Problem & Social Welfare in General |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Zahran Rabbani adam | zahran.adam.1156@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:48 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:48 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |