Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja
Ramadhani, Nanda Dwi (2025) Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10. ARTIKEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Cyberbullying merupakan bentuk perilaku agresif di dunia maya yang banyak
terjadi pada remaja, seiring meningkatnya penggunaan media sosial. Perilaku ini
berdampak negatif pada kesehatan mental, hubungan sosial, dan prestasi akademik.
Regulasi emosi diperkirakan berperan penting dalam mencegah maupun memicu
keterlibatan remaja dalam cyberbullying. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan
antara regulasi emosi dan perilaku cyberbullying pada remaja di SMA Negeri 02 Tanggul,
Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan
subjek 224 siswa kelas X dan XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan
kriteria memiliki smartphone dan aktif menggunakan media sosial. Instrumen yang
digunakan adalah Skala Regulasi Emosi (28 item; α = 0,869) dan Skala Cyberbullying
(35 item; α = 0,939). Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian
menunjukkan tidak ada hubungan antara regulasi emosi dan perilaku cyberbullying (r = -
0,064, p >0,05), yang berarti semakin tinggi kemampuan regulasi emosi, semakin rendah
kecenderungan melakukan cyberbullying. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan
keterampilan regulasi emosi pada remaja untuk mencegah perilaku agresif di ruang
digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi sekolah, orang tua, dan praktisi
pendidikan dalam merancang intervensi literasi emosional dan etika digital guna
meminimalkan risiko cyberbullying di kalangan pelajar.
Kata kunci: cyberbullying, media sosial,regulasi emosi, remaja
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingHandayani, Panca Kursistinnidn0003037301Dosen PembimbingMuhibbin, Maulana Arifnidn0718079401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | cyberbullying, media sosial,regulasi emosi, remaja |
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) |
Depositing User: | Nanda Dwi Ramadhani | nandadwiramadhani@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:11 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:13 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |