Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja



Ramadhani, Nanda Dwi (2025) Hubungan Regulasi Emosi dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 10. ARTIKEL.pdf] Text
10. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Cyberbullying merupakan bentuk perilaku agresif di dunia maya yang banyak
terjadi pada remaja, seiring meningkatnya penggunaan media sosial. Perilaku ini
berdampak negatif pada kesehatan mental, hubungan sosial, dan prestasi akademik.
Regulasi emosi diperkirakan berperan penting dalam mencegah maupun memicu
keterlibatan remaja dalam cyberbullying. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan
antara regulasi emosi dan perilaku cyberbullying pada remaja di SMA Negeri 02 Tanggul,
Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan
subjek 224 siswa kelas X dan XI yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan
kriteria memiliki smartphone dan aktif menggunakan media sosial. Instrumen yang
digunakan adalah Skala Regulasi Emosi (28 item; α = 0,869) dan Skala Cyberbullying
(35 item; α = 0,939). Analisis data dilakukan dengan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian
menunjukkan tidak ada hubungan antara regulasi emosi dan perilaku cyberbullying (r = -
0,064, p >0,05), yang berarti semakin tinggi kemampuan regulasi emosi, semakin rendah
kecenderungan melakukan cyberbullying. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan
keterampilan regulasi emosi pada remaja untuk mencegah perilaku agresif di ruang
digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi sekolah, orang tua, dan praktisi
pendidikan dalam merancang intervensi literasi emosional dan etika digital guna
meminimalkan risiko cyberbullying di kalangan pelajar.
Kata kunci: cyberbullying, media sosial,regulasi emosi, remaja

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Handayani, Panca Kursistin
nidn0003037301
Dosen Pembimbing
Muhibbin, Maulana Arif
nidn0718079401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: cyberbullying, media sosial,regulasi emosi, remaja
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Nanda Dwi Ramadhani | nandadwiramadhani@gmail.com
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:11
Last Modified: 01 Sep 2025 07:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/27939

Actions (login required)

View Item View Item