Analisis Kemampuan Reversibilitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan

Aisyah, Siti (2020) Analisis Kemampuan Reversibilitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (200kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
J. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (335kB)
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Reversibilitas, memecahkan masalah matematika, pecahan Latar belakang penelitian ini diantaranya untuk melihat kemampuan reversibilitas siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru guna mengasah kemampuan reversibilitas. Menurut pendapat guru bidang matematika di SMPN 2 Rambipuji, sebagian besar siswa kurang memiliki kemampuan reversibilitas memecahkan masalah matematika. Kemampuan reversibilitas merupakan kemampuan berpikir seseorang untuk mengubah arah pemikirannya sehingga dapat kembali ke titik semula. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana kemampuan reversibilitas siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pecahan? Terdapat tujuan penelitian yaitu, untuk mengetahui kemampuan reversibilitas siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pecahan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Kualitatif. Pelaksanaan penelitian pada 24 April 2019 hingga 23 Juli 2019 di kelas VIIA SMPN 2 Rambipuji. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan reversibilitas siswa dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dari keempat subjek reversibilitas terdapat dua subjek yang kurang memenuhi kriteria yaitu, subjek pertama dan ketiga dengan hasil tes dan wawancara yang tidak sama. Pada hasil tes subjek pertama dan ketiga menggunakan reversibilitas, tetapi pada hasil wawancara tidak menunjukkan bahwa menggunakan reversibilitas. Dua subjek selanjutnya memenuhi kriteria yaitu, subjek kedua dan keempat dengan hasil tes dan wawancara telah sama dan sesuai. Pada hasil tes subjek kedua dan keempat menggunakan reversibilitas dan pada hasil wawancara juga menunjukkan bahwa menggunakan reversibilitas. Simpulan penelitian adalah untuk mengetahui Kemampuan Reversibilitas siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kemampuan Reversibilitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Pecahan
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI84202#PENDIDIKANMATEMATIKA" not defined]
Depositing User: Aisyah Siti
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorWulandari, Christinenidn0804484
Thesis advisorKhotimah, Chusnulnidn1009730
Contact Email Address: sitiaisyahaisyah9@gmail.com
Date Deposited: 01 Feb 2020 03:50
Last Modified: 01 Feb 2020 03:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item