MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PONTANG BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020

Ariyanti, Vinidia Retno (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PONTANG BARAT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (744kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ariyanti, Vinidia Retno, 2020. Meningkatkan Kemampuan mengenal huruf Melalui Media Kartu Huruf Bergambar di Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Pontang Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Dr. Wahdju Dyah Laksmi Wardani, M. Pd: (2) Angraeny Unedia Rachman, S. H, M.Pd Kata Kunci : kemampuan mengenal huruf, media kartu huruf bergambar Anak usia dini merupakan anak yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Serta mengalami proses perkembangan yang berbeda pula. Mereka telah dibekali dengan segala kemampuan yang berbeda-beda. Stimulasi yang diberikan harus tepat dan cepat karena masa ini tidak akan terulang kembali. Salah satu kemampuan yang dimiliki anak yaitu kemampuan mengenal huruf (menyebutkan lambang huruf, menunjuk lambang huruf dan meniru (menuliskan dan menyebutkan) lambang huruf) Kemampuan-kemampuan yang ada pada anak akan berkembang dengan maksimal bila diberikan dengan bermain. Dengan media kartu huruf bergambar anak akan dapat belajar mengenal huruf dengan menyenangkan. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Pontang Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf bergambar di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Pontang Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan dengan media kartu huruf bergambar secara klasikal dari 20 anak terdapat 15 anak yang tuntas belajarnya, dan ada 5 anak yang belum tuntas belajarnya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui kemampuan mengenal huruf secara klasikal yang diperoleh 75% yang berarti sudah tercapai kriteria kesuksesannya. Hal ini berarti kemampuan mengenal huruf dapat ditingkatkan dengan media kartu huruf bergambar di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Pontang Barat Tahun Ajaran 2019/2020.   ABSTRACT Ariyanti, Vinidia Retno, Improve the ability of knowing the letter by illustrated letter of flash card in Group A Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten II West Pontang in the Academic Year 2019/2020. Thesis, Early Childhood Education study program, Muhammadiyah University of Jember. Lecture : (1) Dr. Wahdju Dyah Laksmi Wardani, M.Pd, : (2) Angraeny Unedia Rachman, S. H, M.Pd Key words : letter knowing ability, illustrated letter by flash card Childhood are a child who have growth and development process, any of them have different growing process. They have been given different ability. The stimulate that given must be right and fast because this periode will never come again. One of the childhood’s ability are knowing the alphabet (mention, show, and imitate (write and mention) alphabet symbol). Playing games can growth the abilites of the children, by illustrated letter of flash card they will enjoy learning with fun. The problem of this research is how to Improve the ability of knowing the letter by illustrated letter of flash card in Group A in ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten II West Pontang in the Academic Year 2019/2020. The goal of this research are to know how the way to increase the ability of the childhood to understand the letter by illustrated letter of flash card in Group A in ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten II West Pontang in the Academic Year 2019/2020. Kinds of this research is Classroom Action Research. The data collecting method are used obeservation and documentation method. The result of the observasion is the ability of the children to knowing letter can increase by illustrated letter of flash card with classical method from 15 of 20 childhood are complete, and the others are not complete. From that result, we can calculate that 75% childhood can understood the letter by classical method, it means the reseach are success. So, the ability of the childhood to knowing letter by illustrated letter of flash card can increase in Group A at ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Kindergarten II West Pontang in the Academic Year 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI KELOMPOK A
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Ariyanti Vinidia Retno
Date Deposited: 14 Mar 2020 05:08
Last Modified: 14 Mar 2020 05:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item