ANALISIS PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Purwanto, Ipung (2020) ANALISIS PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. ANALISIS PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER.

[img] Text
a. Pendahuluan.pdf

Download (683kB)
[img] Text
b. Abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text
c. Bab I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
d. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
e. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
f. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
g. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
h. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[img] Text
i. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
j. Daftar pustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
L. artikel.pdf

Download (584kB)
[img] Text
K. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Telur ayam ras adalah salah satu sumber pangan protein hewani yang popular dan sangat diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mempelajari saluran pemasaran telur ayam ras; (2) menghitung tingkat efisiensi pemasaran; (3) menentukan strategi pemasaran. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember, ditentukan secara purposive karena di daerah tersebut terdapat banyak peternak yang mengusahakan peternakan ayam ras petelur. Sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan tehnik Sensus untuk peternak dan metode snowball sampling untuk lembaga pemasaran sehingga diperoleh sampel sebanyak 26 peternak, 1 pedagang besar, 17 pedagang pengepul dan 29 Pedagang pengecer. Data penelitian ini dianalisis menggunakan: (1) analisis deskriptif; (2) analisis margin dan efisiensi pemasaran; (3) analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) saluran pemasaran telur ayam ras terdiri dari tiga saluran pemasaran, yaitu saluran satu tingkat, saluran dua tingkat, dan saluran tiga tingkat; (2) saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran satu tingkat, dengan nilai margin sebesar Rp Rp. 1.867/kg dengan nilai Farmer Share 91,004%.. Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran telur ayam ras di daerah penelitian adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths-Opportunities), dengan cara yaitu, menambah jumlah populasi ayam ras petelur, memperluas daerah pemasaran dan meningkatkan kualitas ayam ras petelur. Kata kunci: Saluran pemasaran, margin pemasaran, efisisensi pemasaran, strategi pemasaran, telur ayam ras.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Saluran pemasaran, margin pemasaran, efisisensi pemasaran, strategi pemasaran, telur ayam ras.
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: PURWANTO IPUNG
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:05
Last Modified: 16 Mar 2020 06:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/3997

Actions (login required)

View Item View Item