INTENSIFIKASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TAHUN 2017 (Studi Kasus Pada UPT Pasar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso)



Jannah Septiorini, Fitratul (2018) INTENSIFIKASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TAHUN 2017 (Studi Kasus Pada UPT Pasar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[thumbnail of ARTIKEL FITRATUL JANNAH SEPTIORINI.pdf] Text
ARTIKEL FITRATUL JANNAH SEPTIORINI.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of BAB 1-5.pdf] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran UPT
Pasar dalam melaksanakan intensifikasi pemungutan retribusi pasar dan mengidentifikasi
faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolahanintenstifikasi pemungutan retribusi
pasar (Studi Kasus pada UPT Pasar Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan
Kabupaten Bondowoso). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif.
Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis menggunakan
analisis reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Pemerintah Kabupaten Bondowoso memiliki peran dalam melaksanakan intensifikasi
pemungutan retribusi pasar seperti pelibatan aparatur pemungutan retribusi pasar, penyedian
fasiilitas pemungutan retribusi pasar, peningkatan kesadaran pelaksana, penetapan tarif
retribusi, penetapan sop (standar operasional prosedur). Dalam mengukur intensifikasi
pemungutan retribusi pasar tidak hanya dilihat dari patuh tidaknya wajib retribusi dalam
membayar retribusi melainkan dapat juga dilihat dari sejauh mana aparatur UPT Pasar Dinas
Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso dalam melakukan
penyuluhan,pelayanan dan pengawasan.
Dalam melaksanakan intensifikasi pemungutan retribusi pasar Kabupaten Bondowoso ada
beberapa faktor pendukung dan penghambat seperti, faktor pendukung dalam pemberian
pelayaan publik yang baik adalah adanya kesadaran dari petugas dalam memberikan
pelayanan dengan ramah, loyal dan bertanggung jawab, prosedur dan sistem organisasi
yang baik dalam pemberian pelayanan yang mudah dan sederhana, Sedangkan faktor
hambatan yang dihadapi seperti kurangnya kesadaran dari pedagang dalam membayar
retribusi tepat waktu dan sesuai dengan tarif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Haerah, Kahar
nidn0004016601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:33
Last Modified: 12 Jun 2020 03:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item