INTENSIFIKASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TAHUN 2017 (Studi Kasus Pada UPT Pasar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso)

Jannah Septiorini, Fitratul (2018) INTENSIFIKASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI PASAR TAHUN 2017 (Studi Kasus Pada UPT Pasar Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[img] Text
ARTIKEL FITRATUL JANNAH SEPTIORINI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran UPT Pasar dalam melaksanakan intensifikasi pemungutan retribusi pasar dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolahanintenstifikasi pemungutan retribusi pasar (Studi Kasus pada UPT Pasar Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis menggunakan analisis reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Pemerintah Kabupaten Bondowoso memiliki peran dalam melaksanakan intensifikasi pemungutan retribusi pasar seperti pelibatan aparatur pemungutan retribusi pasar, penyedian fasiilitas pemungutan retribusi pasar, peningkatan kesadaran pelaksana, penetapan tarif retribusi, penetapan sop (standar operasional prosedur). Dalam mengukur intensifikasi pemungutan retribusi pasar tidak hanya dilihat dari patuh tidaknya wajib retribusi dalam membayar retribusi melainkan dapat juga dilihat dari sejauh mana aparatur UPT Pasar Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso dalam melakukan penyuluhan,pelayanan dan pengawasan. Dalam melaksanakan intensifikasi pemungutan retribusi pasar Kabupaten Bondowoso ada beberapa faktor pendukung dan penghambat seperti, faktor pendukung dalam pemberian pelayaan publik yang baik adalah adanya kesadaran dari petugas dalam memberikan pelayanan dengan ramah, loyal dan bertanggung jawab, prosedur dan sistem organisasi yang baik dalam pemberian pelayanan yang mudah dan sederhana, Sedangkan faktor hambatan yang dihadapi seperti kurangnya kesadaran dari pedagang dalam membayar retribusi tepat waktu dan sesuai dengan tarif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHaerah, Kaharnidn0004016601
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:33
Last Modified: 12 Jun 2020 03:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4400

Actions (login required)

View Item View Item