LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS

Nikmah, Mutiara (2018) LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri Pakusari melalui penerapan lesson study dengan problem based learning. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study. Pada setiap siklus PTK mengacu pada lesson study yang terdiri dari tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see). Tahap perencanaan (planning) pada PTK sama dengan perencanaan (plan) pada LS. tindakan (acting) dan pengamatan (observing) pada PTK sama dengan pelaksanaan (do), baik PTK maupun LS sama-sama melakukan refleksi (reflecting).Hasil data kemampuan berfikir kritis diperoleh pada prasiklus siswa nilai ketuntasan klasikal 39%, pada siklus I diperoleh 43%, dan pada siklus ke II di peroleh 72%. Hasil data kemampuan berfikir kritis terdapat peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Pembelajaran Problem Based Learning melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan masalah dan mengutarakan alternatif-alternatif pemecahannya. Lesson Study meruipakan model pembinaan profesi pendidik, melalui pengkajian, pembelajaran kolaboratif, dan berkelanjutan berlandaskan p

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: ?? 570 ??
Divisions: ?? biology ??
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 16 not found.
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDPriantari S, Ikanidn#
UNSPECIFIEDHerrianto, Elfiennidn#
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:14
Last Modified: 02 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item