LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS



Nikmah, Mutiara (2018) LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIPA 5
SMA Negeri Pakusari melalui penerapan lesson study dengan problem based learning.
Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study. Pada setiap
siklus PTK mengacu pada lesson study yang terdiri dari tahap perencanaan (plan),
pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see). Tahap perencanaan (planning) pada PTK sama
dengan perencanaan (plan) pada LS. tindakan (acting) dan pengamatan (observing) pada
PTK sama dengan pelaksanaan (do), baik PTK maupun LS sama-sama melakukan refleksi
(reflecting).Hasil data kemampuan berfikir kritis diperoleh pada prasiklus siswa nilai
ketuntasan klasikal 39%, pada siklus I diperoleh 43%, dan pada siklus ke II di peroleh 72%.
Hasil data kemampuan berfikir kritis terdapat peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan
siklus II. Pembelajaran Problem Based Learning melibatkan siswa secara aktif dalam
menemukan masalah dan mengutarakan alternatif-alternatif pemecahannya. Lesson Study
meruipakan model pembinaan profesi pendidik, melalui pengkajian, pembelajaran
kolaboratif, dan berkelanjutan berlandaskan p

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Priantari S, Ika
nidn#
UNSPECIFIED
Herrianto, Elfien
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:14
Last Modified: 02 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item