(Peer Review + Similarity + Document) Pengaruh Turbo Cyclone 6 Sirip Tanpa Lubang Pada Intake Manifold terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Tak 100 CC

Kosjoko, Kosjoko (2013) (Peer Review + Similarity + Document) Pengaruh Turbo Cyclone 6 Sirip Tanpa Lubang Pada Intake Manifold terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Tak 100 CC. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENGARUH TURBO CYCLONE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peer Review.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FIX DOKUMEN.pdf

Download (888kB)

Abstract

Semakin naiknya harga bahan bakar minyak telah membuat banyak orang berkreasi dalam berupaya untuk menemukan bahan bakar alternatif dan meningkatkan efesiensi bahan bakar pada kendaraan bermotor. Permasalahan ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dibicarakan dan dikembangkan kerena semakin berkembangnya pengetahuan tentang motor bakar serta semakin banyaknya parameter presentasi yang dapat mempengaruhi kinerja motor bakar. Maka kemudian muncul lah berbagai pengetahuan baru,antara lain adalah mobil hybrid,mobil elektrik,penggunaan injeksi pada motor bensin,sistem pengapian yang sangat cerdas,sampai penggunaan bahan bakar alternatif seperti bio-diesel dan bio-gas. Upaya meningkatkan efesiensi motor bakar dengan memperbaiki proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar juga dilakukan oleh Sei Y Kim melalui alat temuannya yang disebut Turbo cyclone. Turbo cyclone adalah alat yang berfungsi memberikan tambahan waktu pencampuran antara udara dan bahan bakar setelah melewati karburator sebelum memasuki ruang bakar. Turbo cyclone dapat dipasang antara intake manifold dan karburator. Turbo cyclone dengan pengarah aliran berbentuk sirip memberikan jeda waktu pencampuran sekaligus membuat aliran campuran udara dan bahan bakar menjadi turbulen. Pemasangan Turbo Cyclone menyebabkan adanya perubahan karakteristik aliran udara pada intake manifold. Dengan menggunakan metoda simulasi CFD (Consumptational Fluid Dynamic) pengaruh pemasangan Turbo cyclone akan meningkatkan intensitas turbulensi dan pressure drop pada aliran dimana nilai akan mencapai maksimum pada penggunaan sudut serang 45o dengan jenis sirip berlubang, (Muhammad, 2007). Pada kesimpulan dapat diambil dari penulisan skripsi yang berjudul “Pengaruh turbo cyclone 6 siriptanpa lubang pada intake manifold terhadap unjuk kerja motor bensin 4 tak 100cc” adalah sebagai berikut : Secara umum pemakain turbo cyclone menghasilkan torsi dan daya yang lebih besar pada putaran tinggi yaitu 6250 rpm s/d 9000 rpm dari pada kondisi standart. Torsi (T) rata-rata tertinggi terdapat pada variasi turbo cyclone dengan sudut kemiringan 650 yaitu sebesar 3,10 N.m pada putaran mesin 5500 rpm. Daya Efektif (Ne) rata-rata tertinggi terdapat pada variasi turbo cyclone dengan sudut kemiringan 650 sebesar 3,03 Hp pada putaran mesin 6750 rpm. Pada (Fc) Fuel Consumption rata-rata terendah diperoleh p pada variasi turbo cyclone dengan sudut kemiringan 550 sebesar 0,75429 kg/jam pada putaran 4000 rpm.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Kosjoko Kosjoko
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:06
Last Modified: 08 Jul 2020 06:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4591

Actions (login required)

View Item View Item