(Peer Review + Similarity + Document) Pengaruh Turbo Cyclone 6 Sirip Tanpa Lubang Pada Intake Manifold terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Tak 100 CC
Kosjoko, Kosjoko (2013) (Peer Review + Similarity + Document) Pengaruh Turbo Cyclone 6 Sirip Tanpa Lubang Pada Intake Manifold terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin 4 Tak 100 CC. Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
PENGARUH TURBO CYCLONE.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Peer Review.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
FIX DOKUMEN.pdf Download (888kB) |
Abstract
Semakin naiknya harga bahan bakar minyak telah membuat banyak orang berkreasi dalam berupaya
untuk menemukan bahan bakar alternatif dan meningkatkan efesiensi bahan bakar pada kendaraan bermotor.
Permasalahan ini menjadi suatu hal yang menarik untuk dibicarakan dan dikembangkan kerena semakin
berkembangnya pengetahuan tentang motor bakar serta semakin banyaknya parameter presentasi yang dapat
mempengaruhi kinerja motor bakar. Maka kemudian muncul lah berbagai pengetahuan baru,antara lain adalah
mobil hybrid,mobil elektrik,penggunaan injeksi pada motor bensin,sistem pengapian yang sangat cerdas,sampai
penggunaan bahan bakar alternatif seperti bio-diesel dan bio-gas. Upaya meningkatkan efesiensi motor bakar
dengan memperbaiki proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar juga dilakukan oleh Sei Y Kim melalui
alat temuannya yang disebut Turbo cyclone.
Turbo cyclone adalah alat yang berfungsi memberikan tambahan waktu pencampuran antara udara dan
bahan bakar setelah melewati karburator sebelum memasuki ruang bakar. Turbo cyclone dapat dipasang antara
intake manifold dan karburator. Turbo cyclone dengan pengarah aliran berbentuk sirip memberikan jeda waktu
pencampuran sekaligus membuat aliran campuran udara dan bahan bakar menjadi turbulen. Pemasangan Turbo
Cyclone menyebabkan adanya perubahan karakteristik aliran udara pada intake manifold. Dengan
menggunakan metoda simulasi CFD (Consumptational Fluid Dynamic) pengaruh pemasangan Turbo cyclone
akan meningkatkan intensitas turbulensi dan pressure drop pada aliran dimana nilai akan mencapai maksimum
pada penggunaan sudut serang 45o dengan jenis sirip berlubang, (Muhammad, 2007).
Pada kesimpulan dapat diambil dari penulisan skripsi yang berjudul “Pengaruh turbo cyclone 6 siriptanpa
lubang pada intake manifold terhadap unjuk kerja motor bensin 4 tak 100cc” adalah sebagai berikut :
Secara umum pemakain turbo cyclone menghasilkan torsi dan daya yang lebih besar pada putaran tinggi
yaitu 6250 rpm s/d 9000 rpm dari pada kondisi standart. Torsi (T) rata-rata tertinggi terdapat pada variasi turbo
cyclone dengan sudut kemiringan 650 yaitu sebesar 3,10 N.m pada putaran mesin 5500 rpm. Daya Efektif (Ne)
rata-rata tertinggi terdapat pada variasi turbo cyclone dengan sudut kemiringan 650 sebesar 3,03 Hp pada
putaran mesin 6750 rpm.
Pada (Fc) Fuel Consumption rata-rata terendah diperoleh p pada variasi turbo cyclone dengan sudut kemiringan
550 sebesar 0,75429 kg/jam pada putaran 4000 rpm.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) |
Depositing User: | Kosjoko Kosjoko | kosjoko@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:06 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 06:41 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4591 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |