Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Jember

Lisyanti, Eny (2020) Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (709kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
c. BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (387kB)

Abstract

Terhitung sejak 16 Maret 2020, Kemendikbud secara resmi menetapkan kegiatan belajar mengajar disekolah diliburkan dan dialihkan dirumah masing-masing. Hal ini disebabkan karena pandemic virus corona atau yang dikenal sebagai Covid-19 (Corona Virus Desease – 2019) dan mengharuskan seluruh masyarakat untuk berdiam diri dirumah. Bahkan pada saat ini, menerapkan Daring atau e-learning, online, sangat bermanfaat untuk melindungi peserta didik dari pencegahan dan penyebaran virus covid-19. Adapun rumusan masalahnya dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah 3 Jember? (2) Apa sajakah Faktor Penunjang dan Faktor Penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah Jember? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah Jember dan Faktor Penunjang dan Faktor Penghambat dalam Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian ini adalah jenis penelitian Kualitatif Deskriptif yang mana lokasinya bertempat di SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan prosedur pengumpulan datanya menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi,dengan jumlah 14 responden. Adapun teknis analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) yang dilakukan oleh guru PAI di SMA Muhammadiyah 3 Jember dengan menggunakan akun Edmodo dan Google Drive. Proses belajar mengajarnya beliau menggunakan akun Edmodo dan untuk penugasan,ulangan, quiz menggunakan Google Drive dan Edmodo.Faktor penunjang dan penghambatnya yaitu pertama faktor penunjang kesiapan media yang support program, kekuatan sinyal ditempat siswa dan guru. Kedua faktor penghambatnya yaitu: kurangnya atau tidak adanya support media dan program,beberapa siswa belum memiliki media sendiri dan kadang sinyal ditempat siswa kurang mendukung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Pembelajaran Dalam jaringan (daring) yang dilakukan guru PAI di SMA Muhammadiyah 3 Jember menggunakan akun Edmodo dan Google Drive. Faktor penunjangnya yaitu kesiapan media yang support program, kekuatan sinyal ditempat siswa dan guru. Kedua faktor penghambatnya yaitu: kurangnya atau tidak adanya support media dan program,beberapa siswa belum memiliki media sendiri dan kadang sinyal ditempat siswa kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: lisyanti Eny
Date Deposited: 25 Jul 2020 04:12
Last Modified: 25 Jul 2020 04:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item