pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman

Kumalasari, Richa Maidia (2020) pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (711kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya penanaman akhlaq yang baik pada peserta didik, akhlaq yang ditanamakan adalah akhlaqul karimah atau akhlak mulia yang meliputi nilai aqidah, akhlaq, dan ibadah.Perpaduan antara soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman tersebut diharapkan tidak hanya mampu mengantarkan peserta didik pada ketercapaian pengetahuan saja, namun juga ketercapaian pemahaman serta penerapan nilai-nilai keislaman, selain itu menjadikan peserta didik juga dapat menyadari bahwa matematika hal yang menarik untuk dipelajari.Sehingga diharapkan peserta didik dapat lebih termotivasi, menambah wawasan, serta meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mempelajari matematika, salah satunya soal matematika yang berkaitan dengan nilai-nilai keislaman adalah soal himpunan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman? (2) bagaimana hasil dari pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman? Terdapat dua tujuan yang dirangkum oleh peneliti, yaitu untuk mengembangkan soal-soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dan untuk menghasilkan soal-soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman yang memenuhi tiga kriteria, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (R & D) 4D Thiagarajan. Pelaksanaan penelitian ini, yaitu pada 20 Februari 2020 dan 27 Februari 2020 di kelas VII C MTs Negeri 5 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti antara lain, uji validitas, kepraktisan soal, soal tes. Instrumen yang digunakan, yaitu lembar validasi soal, lembar angket respon pesrta didik, dan lembar soal tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman. Hasil penilaian ahli dan uji coba lapangan sekala kecil kepada peserta didik dapat diketahui bahwa rata-rata penilaian ahli (validator) 4,41 dengan interpretasi valid, praktis dengan rata-rata persentase angket respon peserta didik sebesar 88,32% dengan interpretasi baik, dan efektif dengan persentase tingkat penguasaan peserta didik sebesar 100% dari seluruh jumlah persentase tingkat penguasaan peserta didik, sedangkan untuk kategori penguasaan peserta didik dalam kategori nilai tertinggi yaitu nilai minimal 90 pada kategori nilai tertinggi dengan persentase 11,54%, sedangkan untuk persentase pada kategori rendah dan sangat rendah adalah 0%. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman yang telah dikembangkan sudah memenuhi tiga kriteria penilaian, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan sehingga dapat dinyatakan berhasil atau layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Soal Matematika, Nilai Keislaman
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Kumalasari Richa Maidia
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:21
Last Modified: 28 Jul 2020 06:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5377

Actions (login required)

View Item View Item