Karina, aprilia tri (2020) Analisis Pemasaran Semangka di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (872kB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
I. BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
J. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text
K. RINGKASAN.pdf Download (334kB) |
|
Text
L. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
M. ARTIKEL.pdf Download (452kB) |
Abstract
Sektor pertanian dibagi dalam lima subsektor, yaitu tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan. Salah satu subsektor yang berperan besar dalam kemajuan pertanian Indonesia yaitu subsektor tanaman pangan dan holtikultura. Salah satu komoditas buah yang mempunyai prospek untuk dikembangkan adalah semangka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran semangka di Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Desain penelitian adalah teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah petani semangka di Kecamatan Puger Kabupaten Jember sebanyak 510, sementara sampel sebanyak 41 responden dengan teknik Proportioned Random Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data dianalsiis dengan margin pemasaran dan farmer share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran semangka di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember terdiri dari dua saluran yaitu saluran dua tingkat dan saluran tiga tingkat. Margin pemasaran pada tiap saluran pemasaran semangka di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember menunjukkan bahwa saluran pemasaran dua tingkat memiliki margin sebesar 2001/Kg, sedangkan pada saluran pemasaran tiga tingkat memiliki margin sebesar 2007/Kg. Efisiensi pemasaran untuk saluran satu tingkat sebesar 64.47%, dan efisiensi saluran pemasaran dua tingkat sebesar 64.42%. Hal ini memberikan keputusan berdasarkan pada farmer share bahwa saluran pemasaran semangka berjalan efisien karena lebih dari ≥ 50%. Saluran pemasaran dua tingkat lebih efisien dibandingkan dengan saluran tiga tingkat, karena memiliki nilai persentase lebih rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Pemasaran Semangka di Kecamatan Puger Kabupaten Jember | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 650 Business > 659 Advertising | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | karina Aprilia Tri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | apriliakarina8@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2020 01:04 | |||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2020 02:37 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5638 |
Actions (login required)
View Item |