Penerapan Metode Manhaji dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Al-Quran Kelas X AK 2 di SMK Muhammadiyah 1 Genteng

Rohim, Abdur (2019) Penerapan Metode Manhaji dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Al-Quran Kelas X AK 2 di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Abstrak pdf.pdf

Download (608kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
foto kegiatan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
artikel, abdur rohim 1410911031.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Rohim, Abdur. 2019. Penerapan Metode Manhaji Dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Al-Quran Kelas X Ak 2 Di Smk Muhammadiyah 1 Genteng. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Siti Nursyamsiyah, M.Pd (2) Ainur Rhaien, M.Th.I Kata Kunci : Metode Manhaji, meningkatkan pemahaman siswa pada Al-Quran Metode Manhaji digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi Al-Quran, karena Metode Manhaji adalah sebuah metode pembelajaran untuk memahami Al-Quran dengan cara mengartikan arti perkata dalam sebuah ayat dengan mudah, dan dilaksanakan dengan berulang-ulang. Dan dengan metode manhaji siswa mampu memahami arti perkata dan mampu memahami arti dalam satu kalimat atau ayat. Masalah penelitian pada skripsi ini yang ingin dicapai adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman materi Al-Quran pada siswa kelas X AK2 melalui metode manhaji di SMK Muhammadiyah 1 Genteng. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman siswa pada materi Al-Quran melalui metode manhaji. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 23 Oktober sampai 13 November 2018, pada siswa kelas X AK2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan instrument dalam pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes tulis. Data yang dikumpulkan merupakan hasil tes tulis peserta didik pada saat pembelajaran dilaksanakan. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa metode manhaji dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi Al-Quran, secara klasikal dari total 30 siswa, 25 siswa meningkat kemampuan pemahaman siswa pada materi Al-Quran dan 5 siswa lainnya masih kurang mampu. Dari perhitungan data yang diperoleh adalah 83,3% siswa meningkat kemampuan pemahamn siswa pada materi Al-Quran. Dapat disimpulkan bahwa metode Manhaji dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada materi Al-Quran di kelas X AK2 SMK Muhammadiyah 1 Genteng tahun pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Abdur Rohim
Date Deposited: 28 Sep 2020 06:59
Last Modified: 28 Sep 2020 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5850

Actions (login required)

View Item View Item