STUDI EMPIRIS PENENTUAN MATRIK BCG (BOSTON CONSULTING GROUP) DI UD. NUANSA ALAM JEMBER



WAHYUNINGSIH, EMA SRI (2020) STUDI EMPIRIS PENENTUAN MATRIK BCG (BOSTON CONSULTING GROUP) DI UD. NUANSA ALAM JEMBER. Undergraduate thesis, Univeersitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. Pendahuluan.pdf] Text
A. Pendahuluan.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of B. Abstrak.pdf] Text
B. Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of C. bab 1.pdf] Text
C. bab 1.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of D. bab 2.pdf] Text
D. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of E. bab 3.pdf] Text
E. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of F. Bab 4.pdf] Text
F. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of G. bab 5.pdf] Text
G. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of H. Daftar Pustaka.pdf] Text
H. Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of J. jurnal- Artikel.pdf] Text
J. jurnal- Artikel.pdf

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini merupakan studi kasus pada UD. Nuansa Alam Jember tahun 2020. Bertujuan untuk mengetahui pengelompokan dan pemetaan masing- masing Produk dan matrik Boston Consulting Group (BCG) guna mengetahui strategi bersaing yang efektif bagi UD. Nuansa Alam Jember. Matrik BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan UD. Nuansa Alam tahun 2015-2019 yang dibandingakan dengan Laporan Penjualan pesaingnya IMDA Handycraft , untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif denga pendekatan diskriptif.
Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat pertumbahan pasar UD. Nuansa Alam sebesar 1,7% dan pangsa pasarnya 1,4.sehingga berada pada kuandran cash cow (sapi perah), strategi pemasaran yang digunakan adalah dengan memelihara pangsa pasar yang sudah dikuasai dengan meningkatkan bahan baku pembuatan aksesoris, agar kualitas dari produknya tetap diminati, dan meningkatkan promosi produk melalui promosi langsung atau online. Promosi online bisa membukak lapak lapak penjualan onlien dalam meningkatkan laba.
Kata kunci : Tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan matrik BCG ( Boston Consulting Group)

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Supeni, Retno Endah
nidn0722056703
Dosen Pembimbing
Rozi, Akhmad Fahrur
nidn0701029002

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar dan matrik BCG ( Boston Consulting Group).
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 650 Business
Depositing User: WAHYUNINGSIH EMA SRI | emawahyu08@gmail.com
Date Deposited: 06 Oct 2020 01:20
Last Modified: 06 Oct 2020 01:23
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item