Amdad, Amdad (2019) Efektivitas Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
JURNAL.pdf Download (315kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (483kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Download (960kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh besarnya pengaruh WhatsApp terhadap proses belajar karena semakin banyaknya pengguna aplikasi WhatsApp pada saat ini sehingga memaksa semua kalangan termasuk juga mahasiswa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, salah satunya untuk proses diskusi belajar seperti apa yang peneliti tulis dikarya tulis ini. Memang banyak keuntungan yang telah dirasakan mahasiswa, maka dari itulah pengguna aplikasi ini semakin meningkat. Adapun masalah yang peneliti angkat yaitu tentang efektifitas WhatsApp sebagai sarana diskusi belajar mahasiswa pada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember. Teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teori penggunaan dan kepuasan (Use and Gratification, Theory), teori ini yang digagas oleh Elihu Katz, Jay G. Blumer dan Michael Gurevitch. Yang menjadi poin utama teori penggunaan dan kepuasan pengguna media massa. Selanjutnya penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan kualitatif Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa diskusi pembelajaran menggunakan aplikasi WhatsApp sangat membantu para mahasiswa dalam meningkatkan semangat belajar, dalam artian aplikasi ini efektif digunakan mahasiswa untuk berbagi pendapat dan ilmu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen karena semua mata kuliah yang mereka tempuh memiliki grup tersendiri. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember juga menyarankan agar cara belajar ini diteruskan oleh generasi penerus Program Studi Ilmu Komunikasi Walaupun kendala-kendaladalam berdiskusi menggunakan aplikasi ini sukar dihindari Kata Kunci : WhatsApp, Proses Belajar Mahasiswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 303 Social Process |
||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1) | ||||||
Department: | S1 Ilmu Komunikasi | ||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2020 14:02 | ||||||
Last Modified: | 15 Oct 2020 14:02 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6558 |
Actions (login required)
View Item |