KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENGKRITIK ARGUMEN PADA SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Dimas Bayu Agunk, Valdyo (2019) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENGKRITIK ARGUMEN PADA SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (760kB)

Abstract

Agunk, Valdyo Dimas Bayu. 2018. Kesantunan Berbahasa Dalam Mengkritik Argumen Pada Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa Program Studi Bahasa Dan Sastra Indonesia. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Tanzil Huda, M.Pd. (2) Rofiatul Hima, S.S. M. Hum. Kata kunci: kesantunan berbahasa, mengkritik, seminar proposal Kesantunan berbahasa adalah tindakan seseorang yang menunjukkan tingkah laku menghargai orang lain dalam pemakaian bahasa pada konteks sosial. Seperti konteks kegiatan mengkritik pada seminar proposal skripsi mahasiswa. Bertutur merupakan landasan dalam tindak mengkritik yang menghasilkan timbal balik positif dan mencerminkan kepribadian penutur. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana fungsi tuturan sebagai kesantunan berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar proposal skripsi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi pertuturan sebagai kesantunan berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar proposal skripsi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Tempat penelitian di Universitas Muhammadiyah Jember, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen pembantu berupa alat rekam dan tabel data. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik lanjutan berupa teknik hubung banding menyamakan yaitu mengklasifikasikan tuturan mengkritik argumen yang sesuai dengan fungsi pertuturan sebagai kesantunan berbahasa dalam mengkritik. Hasil analisis menunjukkan tuturan yang terindikasi fungsi pertuturan adalah dua puluh mahasiswa. Tuturan yang terindikasi fungsi pertuturan berupa (1) ) fungsi pertuturan menyatakan, (2) fungsi pertuturan menanyakan, (3) fungsi pertuturan memerintah, (4) fungsi pertuturan meminta maaf, dan (5) fungsi pertuturan mengkritik. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah kesantunan berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar proposal skripsi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia telah menerapkan fungsifungsi pertuturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHuda, Tanzilnidn0723036803
UNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:04
Last Modified: 02 Nov 2020 04:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item