KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENGKRITIK ARGUMEN PADA SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA



Agunk, Valdyo Dimas Bayu (2019) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM MENGKRITIK ARGUMEN PADA SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of 1410221126.pdf] Text
1410221126.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (760kB)

Abstract

Agunk, Valdyo Dimas Bayu. 2018. Kesantunan Berbahasa Dalam Mengkritik
Argumen Pada Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa Program Studi
Bahasa Dan Sastra Indonesia. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Tanzil Huda, M.Pd. (2)
Rofiatul Hima, S.S. M. Hum.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, mengkritik, seminar proposal
Kesantunan berbahasa adalah tindakan seseorang yang menunjukkan
tingkah laku menghargai orang lain dalam pemakaian bahasa pada konteks sosial.
Seperti konteks kegiatan mengkritik pada seminar proposal skripsi mahasiswa.
Bertutur merupakan landasan dalam tindak mengkritik yang menghasilkan timbal
balik positif dan mencerminkan kepribadian penutur.
Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana fungsi
tuturan sebagai kesantunan berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar
proposal skripsi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan fungsi pertuturan sebagai kesantunan
berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar proposal skripsi mahasiswa
Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah
mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Tempat penelitian di
Universitas Muhammadiyah Jember, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen
utama, dan instrumen pembantu berupa alat rekam dan tabel data. Data dalam
penelitian dianalisis menggunakan metode padan intralingual dengan teknik
lanjutan berupa teknik hubung banding menyamakan yaitu mengklasifikasikan
tuturan mengkritik argumen yang sesuai dengan fungsi pertuturan sebagai
kesantunan berbahasa dalam mengkritik.
Hasil analisis menunjukkan tuturan yang terindikasi fungsi pertuturan
adalah dua puluh mahasiswa. Tuturan yang terindikasi fungsi pertuturan berupa
(1) ) fungsi pertuturan menyatakan, (2) fungsi pertuturan menanyakan, (3) fungsi
pertuturan memerintah, (4) fungsi pertuturan meminta maaf, dan (5) fungsi
pertuturan mengkritik.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah
kesantunan berbahasa dalam mengkritik argumen pada seminar proposal skripsi
mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia telah menerapkan fungsifungsi
pertuturan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Huda, Tanzil
nidn0723036803
UNSPECIFIED
Hima, Rofiatul
nidn0702058402

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:04
Last Modified: 18 Feb 2025 06:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6872

Actions (login required)

View Item View Item