Ulit Taufiqoh, Ikhfi (2019) PENERAPAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Pokok Bahasan Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah, Kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (823kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (310kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (229kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (473kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (652kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
1. MATRIK PENELITIAN.pdf Download (507kB) |
Abstract
Taufiqoh, Ikhfi Ulit. 2019. Penerapan Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi (pokok bahasan perubahan lingkungan dan daur ulang limbah, kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2016/2017). Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Ir. Elfien Herrianto, MP (2) Ika Priantari, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, pemahaman konsep, berpikir kreatif, perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Menurut observasi dapat dilihat di kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember, siswa kurang antusias ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung, terlihat sebagian besar siswa tidak menyimak apa yang diterangkan oleh guru pada saat guru mengajar. Siswa cenderung kurang aktif dan terlibat secara langsung dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran terkesan berorientasi kepada guru, dan menyebabkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep rendah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi (pokok bahasan perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X IPA 3 SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun pelajaran 2016/2017). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember di kelas X IPA 3 yang dilaksanakan pada tanggal 05 Mei sampai 13 Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Metode Pengumpulan data didapat melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada hasil kemampuan berpikir kreatif siklus I ketuntasan klasikal mencapai 63,6% dan pada siklus II mencapai 81,8% mengalami peningkatan sebesar 18,2%. Sedangkan untuk hasil ketuntasan klasikal pemahaman konsep pada siklus I mencapai 60,6% dan pada siklus II mencapai 87,8%, mengalami peningkatan sebesar 18,2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2020 05:15 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2020 05:15 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7014 |
Actions (login required)
View Item |