Analisis Pemasaran Agroindustri Terasi Skala Rumah Tangga ( Kasus di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember)

Noviliana Putri, Fandra (2019) Analisis Pemasaran Agroindustri Terasi Skala Rumah Tangga ( Kasus di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
0. Artikel.pdf

Download (635kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Potensi udang di Kecamatan Ambulu dimanfaatkan sebagian warganya sebagai perajiin terasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan keuntungan, 2) marjin pemasaran, 3) efisiensi pemasaran, dan 4) faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan. Penelitian berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif dan survey dengan lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive method). Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh pengusaha terasi di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan instansional. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, margin pemasaran, share harga, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada perbedaan tingkat keuntungan antar pola saluran pemasaran dengan saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II pada taraf kepercayaan 99%. Rata-rata keuntungan Rp/kg pada saluran pemasaran I Rp 29.296/kg, dan saluran pemasaran II sebesar Rp 45.823/kg. 2). Ada perbedaan margin pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Margin saluran pemasaran I sebesar Rp 25.000/kg dan margin saluran pemasaran II sebesar Rp 40.833/kg. Untuk tingkat signifikansi sendiri sangan signifikan pada taraf kepercayaan 99%. 3). Seluruh saluran pemasaran yang digunakan efisien. Ada perbedaan efisiensi pemasaran pada setiap saluran. Share harga perngrajin pada saluran pemasaran ke I yaitu sebesar 76,19% sedangkan pada saluran pemasaran II sebesar 65,49%, namun secara statistik pada taraf uji 99% berbeda nyata. 4) faktor-faktor keuntungan yang berpengaruh secara signifikan adalah variabel biaya transportasi, harga, dan biaya tenaga kerja. Kata Kunci : Terasi, Keuntungan, Marjin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, dan Faktor-Faktor Keuntungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:32
Last Modified: 01 Dec 2020 02:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item