Khaufanulloh, Rizal Hakim (2016) Karakteristik Performa Motor Bensin PGMFI (Progammed Fuel Injection) Silinder Tunggal 110CC dengan Variasi Mapping Pengapian terhadap Emisi Gas Buang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
JURNAL KARAKTERISTIK PERFORMA MOTOR BENSIN PGMFI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text
1 Halaman Judul.pdf Download (51kB) |
||
Text
4 Abstrak.pdf Download (94kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
||
Text
BAB II repaired.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
||
Text
BAB III REV repaired.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
Abstract
Mapping derajat pengapian pada sistem injeksi merupakan pengapian 3 dimensi dimana fungsi dari bukaan gas (TPS) dan putaran mesin (RPM) digunakan untuk menentukan derajat pengapian untuk proses pembakaran didalam silinder. Sistem pengapian 3 dimensi menghasilkan performa motor bensin yang signifikan, baik pada putaran rendah, putaran menengah maupun putaran tinggi. Sistem pengapian 3 dimensi juga menghasilkan kadar emisi gas buang yang sangat rendah dengan nilai lambda mendekati 1. Hasil pengujian maupun pembahasan performa dan emisi gas buang motor bensin 4 langkah PGMFI silinder tunggal 110 cc dengan 5 variasi mapping derajat pengapian (ecu variasi 1, ecu variasi 2, ecu variasi 3, ecu variasi 4 dan ecu variasi 5) yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai lambda emisi gas buang yang optimal terdapat pada ecu variasi 1 sebesar 1,003 dengan daya rata-rata sebesar 3,669 HP, torsi rata-rata sebesar 7,738 N.m, tekanan efektif rata-rata mencapai 900,395 kPa, sfc terendahnya mencapai 0,032 kg/HP.jam, kadar emisi gas buang pada putaran mesin stasioner yaitu O2 15,54 g/Km, CO2 4,4 g/Km, CO 0,16 g/Km, NOx 0,027 g/Km dan HC 0,065 g/Km, pada putaran mesin menengah yaitu O2 14,2 g/Km, CO2 12,5 g/Km, CO 1,64 g/Km, NOx 0,037 g/Km dan HC 0,388 g/Km, pada putaran tinggi yaitu O2 15,1 g/Km, CO2 12,2 g/Km, CO 0,88 g/Km, NOx 0,037 g/Km dan HC 0,239 g/Km.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mapping pengapian, kurva pengapian, ECU, derajat pengapian injeksi, emisi gas buang, lambda, torsi, daya, tekanan efektif rata-rata, sfc | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI21201#TEKNIKMESIN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2018 06:55 | |||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2019 02:52 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/736 |
Actions (login required)
View Item |