HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG BPJS KESEHATAN DENGAN KETERATURAN PEMBAYARAN IURAN PADA NELAYAN DI DUSUN MANGGARAN 1 DESA PUGER KULON KECAMATAN PUGER

Ayu Ramadani, Laela (2019) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG BPJS KESEHATAN DENGAN KETERATURAN PEMBAYARAN IURAN PADA NELAYAN DI DUSUN MANGGARAN 1 DESA PUGER KULON KECAMATAN PUGER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

Persepsi tentang BPJS merupakan suatu kesan dan penafsiran oleh peserta BPJS terhadap informasi yang diterima baik lewat pengalaman, pengetahuan, serta perasaan dalam pelayanan yang diterima. Perilaku keteraturan pembayaran iuran adalah suatu kegiatan atau aktivitas seseorang yang memiliki kemauan dalam membayar iuran jaminan kesehatan secara tepat berdasarkan waktu yang telah ditetapkan. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan pendekatan cross sectional bertujuan mengidentifikasi hubungan persepsi tentang BPJS kesehatan dengan keteraturan pembayaran iuran pada nelayan. Populasi dalam penelitian ini adalah nelayan yang menggunakan BPJS non PBI, dengan sampel 68 responden diambil secara total sampling. Hasil penelitian ini didapatkan persepsi negatif sebanyak 40 responden (58,8%) dan keteraturan pembayaran iuran yang tidak teratur sebanyak 51 responden (75%). Persepsi tentang BPJS dan keteraturan pembayaran iuran dengan uji Chi Square didapatkan hasil p value 0,002. Kesimpulan penelitian ini bahwa H1 diterima yang berarti ada hubungan antara persepsi tentang BPJS kesehatan dengan keteraturan pembayaran iuran pada nelayan. Rekomendasi penelitian ini adalah persepsi tentang BPJS lebih dikuatkan lagi agar pembayaran iuran menjadi lebih teratur dan kartu BPJS dapat digunakan dengan baik di pelayanan kesehatan. Kata kunci : Persepsi, Nelayan, Keteraturan Pembayaran Iuran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Department: S1 Ilmu Keperawatan
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWahyuning Asih, Susinidn0720097502
UNSPECIFIEDSuryaningsih, Yeninidn0701037905
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:41
Last Modified: 15 Dec 2020 07:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7389

Actions (login required)

View Item View Item