Hubungan Percaya Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 2 Wuluhan

Ghofar, Abdul (2018) Hubungan Percaya Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 2 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (270kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Prestasi belajar sebagai hasil yang dicapai seseorang setelah melaksanakan proses pembelajaran diakhiri dengan mekasanakan tes hasil belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal seperti percaya diri pun juga dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa yang juga memberikan efek pada prestasi belajar siswa. ketika penulis melakukan pengamatan pada siswa di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan didapati adanya perilaku siswa yang menggambarkan rasa tidak percaya diri seperti malu tampil di depan kelas, malu bertanya dan lain-lain. Kemudian penulis mengamati hasil ujian siswa ternyata cukup tinggi. Inilah yang melatarbelakangi penilitian ini. Masalah penelitian yaitu apakah ada hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar siswa kelas xi di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan dan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui adanya hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar siswa kelas xi di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Hipotesis penelitian yaitu adanya hubungan yang kuat antara percaya diri dengan prestasi belajar siswa kelas xi di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel (Noor, 2015, 38). Responden dalam penelitian ini adalah kelas xi di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun 2018 yang berjumlah 72 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan kuoesioner atau angket dan dokumentasi. Intrumen penelitian yaitu angket tentang percaya diri siswa dan nilai semester genap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tahun ajaran 2017/2018. Analisis yang digunakan adalah deskriptif statistik. Hasil analisis data menunjukan hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar siswa yaitu 51,39%, ini menunjukan bahwa tingkatan hubungan tersebut masuk pada kategori sedang. Hal ini tidak selaras dengan hipotesis dimana hipotesisnya adalah adanya hubungan yang kuat sedangkan kenyataan yang didapati dilapangan menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat atau sedang. Yang menjadi penghalang dari melemahnya hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar adalah komunikasi, penampilan diri dan pengendalian perasaan yang kurang baik perkembangannya dalam diri siswa. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara percaya diri dengan prestasi belajar. Hubungan tersebut akan kuat jika semua komponen percaya diri berkembang dengan baik dalam diri siswa dan akan melemah ketika ada komponen percaya diri yang kurang baik perkembangannya. Kata Kunci: Percaya Diri, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:21
Last Modified: 16 Dec 2020 03:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item