Implementasi Kebijakan Dinas Koperasi Dalam Pelaksanaan Pelayanan Usaha Mikro (Studi kasus di Kabupaten Jember tahun 2017)

Avita Sari, Pinkan Cahya (2018) Implementasi Kebijakan Dinas Koperasi Dalam Pelaksanaan Pelayanan Usaha Mikro (Studi kasus di Kabupaten Jember tahun 2017). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (264kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.rtf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
lampiran 2.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan Dinas Koperasi dalam pelaksanaan pelayanan usaha mikro studi kasus di Kabupaten Jember tahun 2017. Penelitian ini difokuskan pada para pelaku Usaha Mikro di Kecamatan Ambulu Jember. Masalah yang diidentifikasi oleh peneliti dalam penelitian ini adalah mengenai kebijakan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Koperasi kepada pelaku usaha mikro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang dipilih merupakan informan yang telah di tentukan oleh peneliti yang meliputi Kasub Kepegawaian, Kepala Bidang Pembiyayaan, Kepala Bidang Promosi, staf bidang pembiyayaan, Ketua Usaha Mikro Kecamatan Ambulu, dan dua orang masyarakat Ambulu. Analisis data penelitian ini menggunakan teori Edward mengenai sumber daya, struktur birokrasi, disposisi/sikap dan komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan yang di berikan oleh Dinas Koperasi dalam melaksanakan pelayanan kepada para pelaku usaha mikro belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, pertama Dinas Koperasi dan UMKM cenderung berkomunikasi melalui ketua komunitas saja, maka penyampaian informasi dari Dinas Koperasi dan UMKM tidak sepenuhnya diterima dengan baik. Kedua sosialisasi yang di berikan oleh Dinas Koperasi belum sepenuhnya menyentuh kalangan tertentu , ketiga progam kegiatan yang di lakukan oleh Dinas Koperasi belum dapat memecahkan masalah yang di alami oleh para pelaku usaha mikro tentunya dalam segi keuangan. Progam kegiatan ini dapat di sebut dengan progam KUR yaitu Kredit Usaha Rakyat yang disediakan oleh beberapa bank untuk memfasilitasi para pelaku usaha mikro dengan menggunakan sistim pinjaman, kempat fasilitas promosi yang di berikan oleh Dinas Koperasi belum cukup memadai seperti sentra promosi yang di khususkan untuk pelaku Usaha Mikro. Kata kunci : Implementasi, pelayanan, pelaku usaha mikro

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 320 Political dan Government Science
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:50
Last Modified: 04 Jan 2021 03:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7601

Actions (login required)

View Item View Item