NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN

Faisol, Ahmad (2018) NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (477kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (129kB)

Abstract

Kata kunci: multikultural, pendidikan Latar belakang penelitian ini mengenai materi-materi pendidikan adalah Indonesia merupakan negara yang beragam, baik dari sisi etnis, agama dan budaya.Dalam kurun waktu tertentu golongan-golongan tertentu dapat saling mencurigai, saling membenci, akan tetapi suatu saat juga bias memahami dan saling menghormati. Film dibuat untuk memberikan pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah adalah bagaimanakah isi nilai-nilai pendidikan multicultural dalam film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Beni Setiawan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta dan sasarannya adalah penonton atau audience dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni Setiawan. Jenis penelitian kualitatif, yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistik. Penelitian yang dilakukan ini berjenis deskriptif kualitatif. Penelitian difokuskan pada audio visual dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya Benni Setiawan. sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Berkaitan dengan hal itu pada bagian ini jenis datanya dibagi ke dalam kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto, dan statistik. Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di rumah dan perpustakaan dari pemutaran film sampai selesai. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen kualitatif, peneliti sendiri atau dengan bantuan instrumen penunjang merupakan alat pengumpulan data utama. Jadi, peneliti sebagai instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni Setiawan adalah 1. Belajar hidup dalam perbedaan, 2. Rasa saling percaya, 3. Saling memahami, 4. Saling menghargai, 5. dan Berfikir terbuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDWidyaruli, Astrinidn0710018609
UNSPECIFIEDMijiyanti, Yerrynidn0709108101
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:12
Last Modified: 04 Jan 2021 04:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7604

Actions (login required)

View Item View Item