Faisol, Ahmad (2018) NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (477kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (129kB) |
Abstract
Kata kunci: multikultural, pendidikan Latar belakang penelitian ini mengenai materi-materi pendidikan adalah Indonesia merupakan negara yang beragam, baik dari sisi etnis, agama dan budaya.Dalam kurun waktu tertentu golongan-golongan tertentu dapat saling mencurigai, saling membenci, akan tetapi suatu saat juga bias memahami dan saling menghormati. Film dibuat untuk memberikan pesan edukatif yang dapat digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah adalah bagaimanakah isi nilai-nilai pendidikan multicultural dalam film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Beni Setiawan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta dan sasarannya adalah penonton atau audience dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni Setiawan. Jenis penelitian kualitatif, yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistik. Penelitian yang dilakukan ini berjenis deskriptif kualitatif. Penelitian difokuskan pada audio visual dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta Karya Benni Setiawan. sumber data utama dalam penelitian kualitatif ialah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Berkaitan dengan hal itu pada bagian ini jenis datanya dibagi ke dalam kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto, dan statistik. Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di rumah dan perpustakaan dari pemutaran film sampai selesai. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen kualitatif, peneliti sendiri atau dengan bantuan instrumen penunjang merupakan alat pengumpulan data utama. Jadi, peneliti sebagai instrumen dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni Setiawan adalah 1. Belajar hidup dalam perbedaan, 2. Rasa saling percaya, 3. Saling memahami, 4. Saling menghargai, 5. dan Berfikir terbuka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:12 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2021 04:12 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7604 |
Actions (login required)
View Item |