NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN
Faisol, Ahmad (2018) NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM 3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA KARYA BENNI SETIAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
artikel.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (129kB) |
Abstract
Kata kunci: multikultural, pendidikan
Latar belakang penelitian ini mengenai materi-materi pendidikan adalah
Indonesia merupakan negara yang beragam, baik dari sisi etnis, agama dan
budaya.Dalam kurun waktu tertentu golongan-golongan tertentu dapat saling
mencurigai, saling membenci, akan tetapi suatu saat juga bias memahami dan
saling menghormati. Film dibuat untuk memberikan pesan edukatif yang dapat
digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Rumusan masalah adalah
bagaimanakah isi nilai-nilai pendidikan multicultural dalam film 3 Hati Dua
Dunia Satu Cinta karya Beni Setiawan.
Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan
mengambil objek film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta dan sasarannya adalah
penonton atau audience dalam dunia pendidikan. Pendekatan yang digunakan
adalah semiotik. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi,
sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Adapun
tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan multikultural dalam film Tiga Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni
Setiawan. Jenis penelitian kualitatif, yang bermaksud untuk memahami fenomena
tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi,
motivasi, tindakan, secara holistik. Penelitian yang dilakukan ini berjenis
deskriptif kualitatif. Penelitian difokuskan pada audio visual dalam film Tiga Hati
Dua Dunia Satu Cinta Karya Benni Setiawan. sumber data utama dalam penelitian
kualitatif ialah kata-kata, dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti
dokumen dan lain-lain. Berkaitan dengan hal itu pada bagian ini jenis datanya
dibagi ke dalam kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto, dan statistik.
Tempat dan waktu penelitian ini dilakukan di rumah dan perpustakaan dari
pemutaran film sampai selesai. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
instrumen kualitatif, peneliti sendiri atau dengan bantuan instrumen penunjang
merupakan alat pengumpulan data utama. Jadi, peneliti sebagai instrumen dalam
penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan
multikultural yang terdapat dalam film 3 Hati Dua Dunia Satu Cinta karya Benni
Setiawan adalah 1. Belajar hidup dalam perbedaan, 2. Rasa saling percaya, 3.
Saling memahami, 4. Saling menghargai, 5. dan Berfikir terbuka.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDWidyaruli, Astrinidn0710018609UNSPECIFIEDMijiyanti, Yerrynidn0709108101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 04:12 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 04:12 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |