Aris Setiawan, Didik (2018) NILAI-NILAI EDUKASI DALAM NOVEL AKAR KARYA DEWI LESTARI DENGAN TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (728kB) |
|
Text
12. ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (608kB) |
Abstract
Kata kunci: Nilai edukasi, Novel akar, Sosiologi sastra Sebagai salah satu bentuk karya sastra, saat ini novel berperan penting untuk memberikan pengetahuan dan menyikapi persoalan hidup. Hal ini disebabkan oleh persoalan yang disajikan dalam novel adalah manusia dan masalah-masalah sosial kemasyarakatan. Selain itu, novel diharapkan mampu memunculkan nilai didik yang positif bagi pembacanya. Peneliti merumuskan tiga masalah yang akan diteliti sebagai berikut: Bagaimanakah latar tempat dalam novel Akar karya Dewi Lestari? Bagaimanakah penokohan dalam novel Akar karya Dewi Lestari? dan Bagaimanakah nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam novel Akar karya Dewi Lestari dengan tinjauan sosiologi sastra?. Penelitian yang dilakukan dalam kajian ini mempunyai tujuan sebagai berikut: Mendeskripsikan latar tempat dalam novel Akar karya Dewi Lestar, Mendeskripsikan tokoh dalam novel Akar karya Dewi Lestari. Dan Mendeskripsikan nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam novel Akar karya Dewi Lestari dengan tinjauan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan studi pustaka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi? 1) Latar tempat. Mengambarkan lokasi latar tempat kejadian yang berada di beberapa kota yang ada di Indonesia dan negara Asean yang terdiri dari Surabaya, Medan, Bandung, Jakarta,Malaysia, Thailand, Bangkok, Laos dan Kamboja. 2) Penokohan. Tokoh utama dalam novel Akar bernama Bodhi serta tokoh tambahan Guru Liong, Tristan Stander, Kell dan Bong. 3) Nilai edukasi yang terkandung dalam novel Akar meliputi: a) Nilai respek yang digambarkan dengan menghormati sesorang karenakemampuannya. b) Nilai mandiri digambarkan tidak mengantungkan hidup kepada orang lain. c) Nilai kerjakeras, Perjuangan untuk mendapatkan yang di inginkan. d) Nilai suka menolong, digambarkan memiliki sikap yang iba, e) Nilai religius, prilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama. f) Nilai berani mengambil keputusan, berani mengambil suatu keputusan yang terkadang itu sulit untuk menjalaninya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 05 Jan 2021 01:30 | |||||||||
Last Modified: | 05 Jan 2021 01:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7628 |
Actions (login required)
View Item |