TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 TEGALSARI



Fitri Lestari, Endang (2018) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 TEGALSARI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of ABSTRAK OKE.pdf] Text
ABSTRAK OKE.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (864kB)

Abstract

Kata kunci: Tindak tutur direktif, interaksi belajar mengajar

Penggunaan bahasa merupakan realitas interaksi komunikasi guru dan
siswa yang berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar. Guru dalam kegiatan
berkomunikasi tersebut harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk
menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa
sehingga menjadi siswa yang aktif. Komunikasi tersebut diwujudkan melalui
tindak bahasa salah satunya, yaitu tindak tutur direktif. Tindak tutur direktif
merupakan tuturan yang dimaksudkan untuk memancing respon siswa agar siswa
lebih aktif dalam pembelajaran di kelas yang nantinya akan bermanfaat bagi
siswa. Tindak tutur direktif adalah tuturan yang memiliki tujuan terhadap mitra
tutur untuk melakukan tindakan yang dikehendaki oleh penutur. Sedangkan
interaksi adalah sebuah tindakan yang terjadi dua orang atau lebih sebagai lawan
dari hubungan sebab akibat. Salah satunya terjadi pada saat kegiatan belajar
memgajar antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa.

Penelitian ini terkait dengan tindak tutur direktif dalam interaksi belajar
mengajar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi bagaimana
jenis tindak tutur direktif yang terdapat dalam interaksi belajar mengajar di SMK
Negeri 1 Tegalsari. Tindak tutur direktif yang dikaji dalam penelitian ini termasuk
dalam tindak tutur ilokusi yang berpijak pada fungsi tuturan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SMK
Negeri 1 Tegalsari yang beralamat di Jalan K.H Abdul Majid Nomor 9 Tegalsari
Banyuwangi, pada tanggal 05 Mei 2018. Data dalam penelitian ini adalah tindak
tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di
SMK Negeri 1 Tegalsari. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini
menggunakan teknik simak, rekam, dan catat. Teknik analisis data dimulai dari
menganalisis data, mengklasifikasi berdasarkan jenisnya, hingga menganalisis
data menggunakan kartu data.
Hasil analisis data memaparkan jenis tindak tutur direktif yang ada dalam
interaksi belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut. Pada hasil
analisis terdapat enam tindak tutur direktif yaitu: (1) Tuturan permintaan, (2)
Tuturan pertanyaan, (3) Tuturan perintah, (4) Tuturan larangan, (5) Tuturan
permintaan izin, dan (6) Tuturan nasehat.
Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis yang telah dilakukan, maka
hasil penelitian yang telah ditemukan memiliki implikasi berupa informasi, bahwa
tindak tutur direktif yang digunakan oleh guru dan siswa difungsikan untuk
kepentingan interaksi dan berkomunikasi. Dalam proses pembelajaran, hasil
penelitian dapat digunakan untuk membantu pembelajaran keterampilan


berbicara, sehingga tuturan direktif dapat diterapkan untuk mempermudah
interaksi belajar mengajar. Dengan adanya penelitian tentang tindak tutur direktif
ini, guru bahasa Indonesia mengetahui tentang bidang kajian pragmatik yang
dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya
dalam keterampilan berbicara.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Mijianti, Yerry
nidn0709108101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:28
Last Modified: 05 Jan 2021 02:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7637

Actions (login required)

View Item View Item