PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDRAMA DENGAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM CURAH TAKIR TAHUN 2018



Rahman Hakim, Muhamad Arif (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDRAMA DENGAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS VIII MTs MIFTAHUL ULUM CURAH TAKIR TAHUN 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel Skripsi.pdf] Text
Artikel Skripsi.pdf

Download (849kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 1. fix HAL SAMPUL.pdf] Text
1. fix HAL SAMPUL.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 6. fix HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
6. fix HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[thumbnail of 0. DAFTAR RUJUKAN.pdf] Text
0. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 1. Matriks revisi.pdf] Text
1. Matriks revisi.pdf

Download (352kB)

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan kemampuan berdrama, Sosiodrama

Kemampuan berdrama siswa sangat penting untuk ditingkatkan terutama
pada pembelajaran drama pada bidang studi bahasa Indonesia. Pengetahuan siswa
akan pembelajaran drama selama ini hanya sebatas teori dari guru saja, tanpa
adanya strategi pembelajaran atau metode yang baru dan masih ternilai belum
aktif dalam pembelajaran dan siswa masih cenderung bersikap negatif.
Masalah yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah meningkatkan
kemampuan berdrama siswa dengan menggunakan metode sosiodrama dan
bagaimanakah metode sosiodrama dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa
kelas VIII MTs Miftahul Ulum Curah Takir tahun 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
kemampuan berdrama dengan metode sosiodrama sekaligus mendeskripsikan
bagaimana metode sosiodrama dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas
VIII MTs Miftahul Ulum Curah Takir Tahun 2018.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas
belajar siswa selama bermain peran dalam pembelajaran drama.

Berdasarkan hasil observasi, pra siklus penelitian mencapai 40 %. Setelah
dilakukan penelitian pada siklus I mengalami peningkatan 100 %. Melihat hasil
pada observasi siklus I tersebut, maka penelitian dihentikan, sebab telah
memenuhi standar kriteria ketuntasan yakni 85 %. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa kemampuan berdrama siswa di MTs Miftahul Ulum Curah Takir tahun
2018 dapat ditingkatkan dengan metode sosiodrama.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn0015086701
UNSPECIFIED
Suaedi, Hasan
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:40
Last Modified: 08 Jan 2021 03:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item